Minggu, 21 April, 2024

Artikel Terbaru

Memanfaatkan Lahan Nganggur, Kelompok Tani di Bengkalis Didorong Manfaat KUR untuk Tenahanan Pangan

ktnanasional.com – PEKANBARU, Kelompok tani di Kabupaten Bengkalis didorong untuk menangkap peluang Kredit Usaha Rakyat (KUR), untuk mengembangkan dan memperkuat sektor ketahanan pangan masyarakat, kata Staf Ahli Bidang Pemerintahan, Pemkab Bengkalis, Al Fahrurrozi.

Menurutnya, ada peluang besar yang bisa ditangkap oleh kelompok tani di daerah itu, terutama dalam menunjang pembiayaan modal untuk mengembangan sektor pertanian. “Kami melihat peluang pembiayaan lewat KUR masih sangat besar dan saat ini belum termanfaatkan dengan baik,” katanya kepada Bertuahpos.com, Selasa, 26 September 2023.

Menurut Fahrurrozi, di Bengkalis ada banyak lahan-lahan tak produktif yang bisa dimanfaatkan masyarakat melalui kelompok tani. Lahan tak produktif ini sejatinya bisa dijadikan sebagai sumber utama ketahanan pangan masyarakat, agar kemandirian pangan di daerah ini bisa terwujud.

“Selama ini, lahan tak produktif hanya dibiarkan begitu saja. Kami sangat mendorong masyarakat melalui kelompok tani agar bisa memanfaatkan itu menjadi lahan produktif untuk ketahanan pangan lewat KUR,” tuturnya.

Dia menambahkan, Pemkab Bengkalis bersedia memberikan dukungan kepada kelompok tani yang serius untuk menggarap potensi ini. Pemkab, kata dia, bisa menjadi penghubung antara kelompok tani dengan perbankan untuk mendapatkan peluang itu.

“Di Bengkalis saat ini, ada ratusan hektar lahan kosong yang bisa digarap untuk ketahanan pangan. Sayang sekali kalau lahan itu hanya dibiarkan nganggur. Kami akan terus mendorong bagaimana peluang ini bisa dimanfaatkan oleh kelompok tani,” katanya. (admin)

Artikel telah tayang di bertuahpos.com

spot_img

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Artikel Terbaru

Advertisementspot_img

baca juga