Selasa, 28 Mei, 2024

Artikel Terbaru

Memasuki Panen Raya, KTNA Klaten Sarankan Petani Tunda Jual

ktnanasional – JAWA TENGAH, KLATEN. Turunnya harga gabah kering panen (GKP) saat panen raya membuat Kontak Tani Nelayan Andalan (KTNA) Klaten menyarankan petani untuk melakukan tunda jual. Terutama untuk sebagian hasil panen karena bersamaan dengan masa panen raya pada April ini. Hal tersebut langsung diungkapkan oleh Ketua KTNA Klaten Maryanto.

”Jangan ditebaskan semua. Bawa pulang hasil panen, simpan terlebih dahulu. Okelah 30 persen dijual untuk menutup biaya operasional. Tetapi yang 70 persen disimpan,” jelas Maryanto, Minggu (21/4).

Saran tunda jual dari Maryanto untuk menyiasati harga GKP di tingkat petani yang terus turun setiap kali panen raya. Seperti saat ini untuk GKP di tingkat petani mencapai Rp 6.300 per kg. Padahal sebelumnya sempat menyentuh Rp 7.700 per kg dan turun secara bertahap menjadi Rp 7.500 per kg hingga Rp 6.800 per kg.

”Bertahan agak lama di harga Rp 6.500 per kg. Saat ini sekira Rp 6.300 per kg. Harga gabah di tingkat petani bisa terus turun bersamaan dengan panen raya,” tambah Maryanto.

Maryanto menyebut turunnya harga gabah itu berkaitan dengan hukum pasar. Oleh sebab itu, dia menyarankan agar petani tak menjual seluruh hasil panennya. Harapannya agar petani tetap bisa menikmati hasil panen dengan harga yang menguntungkan.

Dimungkinkan harga gabah bakal kembali naik dan menguntungkan petani ketika memasuki masa tanam (MT) 2. Terkait produksi beras di Klaten sendiri dipastikan melimpah dengan angka surplus mencapai 63.085 ton. Ada pun luas panen di Klaten pada Januari-April 2024 mencapai 26.101 hektare. Dari jumlah itu, untuk ketersediaan beras di Klaten mencapai 101.085 ton.

”Untuk kebutuhan beras di Klaten sekira 38.000 ton. Jadi masih bisa dimanfaatkan atau dijual ke daerah tetangga,” ujar Bupati Klaten Sri Mulyani.

Mulyani berharap panen raya menjadikan harga beras bisa turun. Mengingat harga beras kualitas medium sekira Rp 13.000 per kg hingga Rp 14.000 per kg. Sedangkan untuk premium Rp 15.000 per kg hingga Rp 16.500 per kg. Dia berharap agar harga stabil sesuai keinginan masyarakat tetapi petani tetap sejahtera. (admin)

artikel ini telah tayang di radarsolo.jawapos.com

spot_img
spot_img

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Artikel Terbaru

baca juga