Kamis, 18 April, 2024

Artikel Terbaru

MENGENAL PADI IR NUTRI ZINC (ZN) PANGAN PENURUNAN ANGKA STUNTING DI INDONESIA

ktnanasional.com – Inpari IR Nutri Zinc adalah varietas padi sawah (pertama di Indonesia) yang memiliki kandungan unsur Zn (Zinc) lebih tinggi (± 25%) daripada varietas yang lain. Dilepas pada tahun 2019 dengan Surat Keputusan (SK) Menteri Pertanian No. 168/HK.540/C/01/2019.  Karena kandungan Zn yang tinggi,  Inpari IR Nutri Zinc berpotensi mencegah terjadinya stunting. Stunting merupakan kondisi gangguan pertumbuhan pada anak sehingga memiliki ukuran tinggi badan lebih rendah (kerdil) dari standar usianya. Stunting dapat dicegah dengan mengkonsumsi pangan bergizi, diantaranya beras yang mengandung Zinc tinggi seperti Inpari IR Nutri Zinc. Rata-rata kandungan Zn Inpari IR Nutri Zinc 29,54 ppm dengan potensi kandungan 34,51 ppm.

Seiring dengan tingginya angka Stunting sebesar 24,4% tahun 2021 hasil Study Status Gizi Indonesia (SSGI) yang dilakukan oleh Badan Penelitian dan Pengembangan Kesehatan (Balitbangkes) Kementerian Kesehatan bekerjasama dengan Biro Pusat Statistik (BPS) dan didukung oleh Sekretariat Wakil Presiden RI. Untuk mengatasi masalah stunting yang cukup tinggi di Indonesia, Kementerian Pertanian melalui Direktorat Jenderal Tanaman Pangan, sejak tahun 2020 sampai sekarang tahun 2022 peduli terhadap percepatan penurunan stunting melalui Program Budidya Padi Biofortifikasi/Padi Nutri Zink. Nah,

Mengenal Unsur Zinc (Zn) bagi Tubuh Manusia

Zinc adalah zat gizi mikro yang harus dipenuhi untuk tubuh. Hal ini karena zinc memiliki peranan yang penting untuk mendukung fungsi sistem kekebalan dan metabolisme tubuh. Sayangnya, tubuh kita tidak memproduksi mineral ini, melainkan membutuhkannya dari asupan makanan yang dikonsumsi sehari-hari. Oleh sebab itu, Anda perlu mencukupi kebutuhan mineral ini supaya Anda tidak mengalami gangguan kesehatan atau rentan terkena penyakit tertentu.

Ragam Manfaat Penting Zinc untuk Tubuh

Di bawah ini adalah sejumlah manfaat zinc untuk tubuh yang perlu Anda ketahui.

  1. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Tahukah Anda selain vitamin D dan vitamin C, ternyata zinc juga mampu membantu meningkatkan sistem imunitas atau kekebalan tubuh. Kadar Zinc yang rendah akan mempengaruhi produksi sel darah putih (limfosit sel T), yang fungsinya memperkuat sistem imun sehingga tubuh tidak mudah terinfeksi bakteri, virus, dan kuman penyebab penyakit.

Sebaliknya, dengan mencukupi kebutuhan zinc, sistem imun akan lebih optimal dalam melawan sekaligus menetralkan mikroorganisme seperti bakteri, virus, jamur, dan berbagai kuman lainnya yang masuk ke tubuh. Alhasil, risiko Anda menderita berbagai penyakit infeksi bisa dicegah atau diminimalisir.

  1. Mempercepat Proses Penyembuhan Luka

Salah satu mineral penting yang dibutuhkan untuk membantu mempercepat proses penyembuhan luka akibat luka bakar, luka terbuka, maupun cedera adalah zinc. Hal ini karena zinc memiliki fungsi dalam memproduksi kolagen. Kolagen sendiri adalah komponen protein yang memberikan kekuatan sekaligus elastisitas kulit.

Ketika tubuh mampu memproduksi kolagen dengan maksimal, maka ketika Anda mengalami luka, luka tersebut akan cepat menutup ataupun mengering. Tidak heran bila kebanyakan obat untuk luka bakar, luka terbuka, bisul, dan jenis luka menggunakan zinc sebagai bahan utamanya.

  1. Meredakan Peradangan di Tubuh

Manfaat zinc lainnya yang tak kalah baik adalah mineral ini dapat membantu meredakan peradangan, yang merupakan bentuk respon tubuh terhadap iritasi, infeksi, dan cedera. Bahkan, sejumlah penelitian menunjukkan bahwa zinc anti radang yang kuat (potent) yang dapat mendukung sistem kekebalan tubuh dan mengurangi gejala sejumlah peradangan. Sebuah paper yang diterbitkan dalam platform Frontiers menyebutkan bahwa zinc efektif mengurangi peradangan dan stres oksidatif pada orangtua usia lanjut.

  1. Mengatasi Jerawat dan Masalah Kulit Lainnya

Anda salah satu yang memiliki jerawat yang tak kunjung hilang? Bisa jadi itu tanda Anda kekurangan zinc. Untuk mengatasinya, Anda dapat menggunakan suplemen zinc serta mengoleskan obat yang mengandung zinc.

Keduanya dinilai efektif untuk membantu meredakan peradangan dan menghambat produksi minyak di kulit. Seperti yang diketahui, akar masalah dari kulit jerawat adalah penyumbatan pori-pori dan produksi minyak yang berlebih.

Bagi Anda yang memiliki riwayat masalah kulit yang menimbulkan peradangan, Anda juga perlu memperhatikan asupan zinc. Sejumlah penelitian menunjukkan bahwa zinc memiliki manfaat dalam mengatasi eksim, ruam popok, dan masalah kulit lainnya.

  1. Mendukung Tumbuh Kembang Anak

Faktanya, manfaat zinc juga dapat dirasakan oleh anak-anak, salah satunya berperan dalam membantu mendukung tumbuh kembang si kecil. Hal ini pun sudah dibuktikan oleh penelitian, yang mana diketahui bahwa asupan zinc yang cukup pada anak-anak dapat membantu mereka memiliki tinggi dan berat badan yang ideal. Sebaliknya, kekurangan asupan zinc justru akan menghambat pertumbuhan anak. Lebih jauh, kekurangan mineral ini juga dapat menyebabkan keterlambatan kognitif dan motorik si kecil.

Begitu banyak manfaat padi Inpari IR Nutri Zinc dengan produk turunan berupa beras Biofortifikasi, Kementerian Pertanian hingga tahun 2024 akan mengembangkan seluas 200 ribu hektar yang tersebar pada daerah daerah yang angka stuntingnya tinggi diseluruh Indonesia dan nantinya akan berkembang dengan sendirinya oleh petani melalui swadaya mengingat manfaatnya yang luar biasa tersebut. (tanamanpangan.pertanian.go.id)

Hasnul Fajri, SP, M.Si

PMHP Muda Direktorat Serealia

spot_img

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Artikel Terbaru

Advertisementspot_img

baca juga