Jumat, 23 Februari, 2024

Artikel Terbaru

Mentan Minta Setiap Daerah Tanam 1.000 Hektare Tanaman Pangan

ktnanasional.com – JAKARTA, Menteri Pertanian, Syahrul Yasin Limpo mendorong pemerintah daerah segera memperkuat semua gudang lumbung pangannya. Hal ini untuk menyimpan hasil panen petani dan mengantisipasi berbagai kemungkinan.

“Setiap kabupaten provinsi harus mempersiapkan pangan dalam kondisi apapun termasuk cuaca buruk el nino. Karena itu tanam 1.000 hektare untuk memperkuat lumbung pangan di masing-masing daerah,” ujarnya saat membuka Musrenbangtannas 2023 pada Rabu, 12 Juli 2023.

Penanaman 1.000 hektare, SYL melanjutkan, sebagai strategi pemerintah untuk menjaga dan meningkatkan produktivitas. Selain itu, dapat menambah pendapatan petani dalam mengolah hasil produksinya.

“Tahun ini seperti juga perintah Bapak Presiden kita jaga dan tingkatkan produksi nasional. Alhamdullilah dari apa yang kita validasi 12 komoditas strategis kita aman. Meski demikian kita tidak boleh lengah karena el nino bisa saja berlangsung lama,” ucap SYL.

Langkah pemerintah selanjutnya yakni melakukan intervensi terhadap zona merah atau wilayah kering parah agar segera memompa sumber air yang masih tersedia. Pemda juga diharapkan segera menggulirkan Brigade Alsintan dalam mempercepat produksi melalui skema pinjaman Kredit Usaha Rakyat (KUR).

“Gunakan KUR untuk mempercepatnya. Sejauh ini kita sudah punya peta bersama bahwa daerah hijau itu berarti daerah yang masih punya air, daerah kuning adalah daerah yang pas-pasan, dan daerah merah adalah wilayah kering parah. Tentu kita harus intervensi dengan menggulirkan alsintan dan harus memperbaiki irigasi,” tutur SYL.

Sebagai informasi, Musrenbangtan merupakan upaya Kementan dalam meningkatkan kinerja sektor pertanian serta melakukan antisipasi dampak perubahan iklim dan krisis pangan melalui penyesuaian dan penajaman program/kegiatan yang akan dilakukan bersama pemerintah daerah. (admin)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Artikel Terbaru

spot_img

baca juga