Selasa, 27 Februari, 2024

Artikel Terbaru

Meski Ada Fenomena El Nino, Petani Subang Tetap Optimis Panen Melimpah dan Harga Gabah Tinggi

ktnanasional.com – SUBANG. Walau terdampak kekeringan dan ancaman Fenomena El Nino, harga gabah pada panen raya di musim kemarau tahun ini terbilang cukup tinggi.

Musim panen tahun ini membawa berkah bagi para petani di Kabupaten Subang. Para petani di Subang khusunya wilayah Pantura semringah karena saat ini panen melimpah dan harga jual gabah tinggi.

Saat kunjungan kerja Presiden RI Joko Widodo ke Desa Ciasem Girang, Kecamatan Ciasem, Kabupaten Subang pada Minggu (8/10) Jokowi menyambangi para petani yang berada di sawah sambil melihat hasil panen dari para petani.

Ketua Gapoktan yang juga merupakan Ketua Kontak Tani dan Nelayan Andalan (KTNA) Jawa Barat, Otong Wiranta mengatakan, para petani saat ini sedang menikmati harga gabah yang lumayan cukup bagus.

“Harga panen yang diterima petani saat ini sekitar Rp 7.200 sampai Rp 7.500 perkilo. Tentunya hal ini membuat senang para petani sehingga diharapkan pemerintah bisa terus mempertahankan harga yang berpihak ke petani ini,” jelasnya.

Ia mengatakan, untuk daerah yang aliran irigasinya cukup, panen saat ini berproduksi dengan baik yaitu rata-rata 8 hingga 9 ton perhektar, sehingga produktifitas meningkat dibanding musim sebelumnya.

Otong menjelaskan, ditengah kondisi harga gabah tinggi dan panen melimpah membuat stok beras di wilayah Kabupaten Subang cukup terpenuhi. Walaupun terancam fenomena El Nino.

“Tapi alhamdulillah diarea yang kita panen hari ini semuanya bisa tertanggulangi dengan baik. Kita diareal ini optimis produksi, walaupun adanya El-Nino. Karena dibanding dengan rata-rata biasanya, hasil saat ini malah lebih bagus,”terangnya.

Tak hanya itu, Otong juga mengucapkan terima kasih kepada Presiden Joko Widodo yang telah berkunjung ke Desa Ciasem Girang untuk memantau langsung kegiatan panen raya.

“Terima kasih kepada bapak presiden karena telah melihat langsung panen raya ini. Terima kasih juga pak presiden telah menemui para petani di sini dan telah menyempatkan waktu untuk mengobrol dengan para petani,” ujarnya.

Setidaknya, kata Otong, dengan berdialog bersama para petani presiden Jokowi bisa mengetahui langsung kendala, atau keluhan yang sering dialamai oleh para petani. (admin)

artikel telah tayang di pasundanekspres.co

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Artikel Terbaru

spot_img

baca juga