Jumat, 19 April, 2024

Artikel Terbaru

MINTA MAKLUMI HARGA BERAS NAIK, MENTAN: SEKALI-KALI KASIH PETANI UANG

ktnanasional.com – Jakarta. Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo meminta masyarakat memaklumi harga beras yang naik. Dia menyebut, petani mendapatkan untung dari kenaikan harga beras.

Dalam diskusi publik Outlook Sektor Pertanian 2023 bersama INDEF, Syahrul memaklumi jika harga beras naik. Baginya kenaikan harga beras justru memberi manfaat ke petan

“Tapi kalau harga beras naik, tentu saja sekali-kali lah kasih rakyat (petani) uang, iya kan,” katanya, dikutip dari laman YouTube INDEF, Jumat (16/12/2022).

Ia menyebut petani akan mendapatkan uang dari kenaikan harga beras. Uang tersebut bisa dipakai menyekolahkan anaknya, untuk kemudian memutar roda perekonomian Indonesia.

“Kalau harga beras naik dari Rp 2.000 Rp 3.000, petaninya dapat uang. Dia kasih sekolah anaknya. Kalau dia kasih sekolah anaknya, dia belikan baju lah. Tukang jahit dapat jahit. Penjahit putar lagi kasih anaknya makan lah, beruptar ekonomi,” jelasnya.

Namun jika dibandingkan dengan negara di Asia Tenggara, Syahrul menyebut harga beras Indonesia tergolong murah. Berdasarkan data miliknya, Indonesia berada di posisi ke dua, hanya kalah dari Vietnam.

“Jadi harga paling rendah itu cuma Vietnam di bawah Indonesia. Yang lain di atas, Singapura Rp 26 ribu. Timor Leste Rp 22 ribu. Thailand Rp 17 ribu. Laos dan Malaysia Rp 13 ribu,” tuturnya.

Harga beras di Indonesia berdasarkan datanya adalah Rp 12.380/kilogram. Sedangkan harga beras di Vietnam adalah Rp 11.492/kilogram.

Saat ini ongkos produksi pertanian memang sedang naik. Penyebabnya adalah kenaikan harga BBM hingga naiknya harga pupuk tiga kali lipat. (admin, Ilyas Fadhillah – detikFinance)

Artikel sudah terbit di detikFinance Jumat, 16 Des 2022 12:07 WIB

 

spot_img

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Artikel Terbaru

Advertisementspot_img

baca juga