Sabtu, 20 April, 2024

Artikel Terbaru

Momen Penas Tani 2023, Pupuk Indonesia Kenalkan Kemitraan Toko PE-I di Sumbar Barat

ktnanasional.com SUMBAR-Padang, PT Pupuk Indonesia (Persero) terus memperluas peluang kerjasama kemitraan kios komersil Toko Pe-i kepada masyarakat di Sumatera Barat. Hal ini dilakukan bersamaan dengan Pekan Nasional (Penas) XVI Petani dan Nelayan pada tanggal 10-15 Juni 2023 di Kota Padang.

Senior Project Manager (SPM) Kios Komersil Pupuk Indonesia, Olyvia Jilly, menyebutkan bahwa Toko Pe-I merupakan program kemitraan yang melibatkan usaha mikro kecil menengah (UMKM).

Tujuan utama Toko Pe-I adalah untuk untuk lebih mendekatkan diri kepada pelanggan setia Pupuk Indonesia Group dengan melibatkan partisipasi dari UMKM (perorangan ataupun badan usaha) sehingga dapat tumbuh dan berkembang bersama Pupuk Indonesia.

“Terlebih kami melihat Sumatera Barat memiliki potensi yang besar, dan merupakan salah satu provinsi sentra pertanian penting di Pulau Sumatera,” kata Olyvia.

Hingga saat ini, kata Olyvia, terdapat sekitar 16 UMKM di Sumatera Barat yang berminat menjadi calon mitra Toko Pe-I. Adapun secara nasional, Pupuk Indonesia telah memiliki mitra Toko Pe-I di berbagai daerah. Sedangkan pengembangan kios komersil Toko Pe-I ditargetkan mencapai 1.000 kios di seluruh Indonesia.

Selain meningkatkan penyediaan pupuk non-subsidi, lanjut Olyvia, kehadiran Toko Pe-I di Sumatera Barat juga menjadi bagian dari upaya perusahaan dalam membina pelaku UMKM. Kehadiran Toko Pe-I juga berpeluang membuka lapangan pekerjaan bagi masyarakat setempat.

“Oleh karena itu, melalui Penas Petani dan Nalayan ini, kami memperkenalkan secara lebih luas kepada pelaku UMKM di Sumatera Barat untuk mau bermitra dengan kami dan meningkatkan kapasitas bisnisnya,” tuturnya.

Ditambahkannya, pengembangan Toko Pe-I juga sejalan dengan arahan Menteri BUMN Erick Thohir untuk mendorong eksistensi UMKM di Indonesia. Karena UMKM merupakan ujung tombak dan fondasi perekonomian nasional yang terbukti berhasil bertahan di tengah ketidakstabilan ekonomi akibat pandemi Covid-19.

Setiap mitra Toko Pe-I, lanjutnya, nantinya akan mendapat pendampingan dalam menjalankan proses bisnis seperti memberikan edukasi dan asistensi dari agronomis yang disediakan oleh Pupuk Indonesia sehingga setiap petani yang membeli produk non subsidi di Toko Pe-I merasa terbantu dan mudah untuk memenuhi kebutuhannya

Kemitraan Toko Pe-i dapat dilakukan secara perorangan maupun badan usaha yang memiliki kelengkapan izin usaha penjualan retail. Adapun skema usaha kemitraan Toko Pe-i bersifat Dealer Owned Dealer Operated (DODO) atau dimiliki dan dioperasikan oleh pemilik.

Selain itu, syarat lain yang dibutuhkan untuk menjadi mitra Toko Pe-i adalah Warga Negara Indonesia (WNI) yang telah memiliki KTP dan NPWP, memiliki nomor induk berusaha (NIB), bentuk bangunan dengan luas yang memadai, sampai pada permodalan atau finansial yang baik.

“Kelebihan menjadi Mitra Toko Pe-I adalah dapat memberikan jaminan yang menjadi keuntungan atau nilai tambah untuk para mitra,” katanya.

“Jaminan yang dimaksud seperti keaslian produk pupuk, jaminan kualitas produk, jaminan ketersediaan pupuk, dan beberapa kegiatan promosi yang berdampak pada penjualan produk,” pungkasnya. (L5)

spot_img

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Artikel Terbaru

Advertisementspot_img

baca juga