Senin, 4 Maret, 2024

Artikel Terbaru

Motivasi peternak, Disnakkan Boyolali gelar Bulan Bakti Peternakan Sapi ke-187

ktnanasional.com – BOYOLALI. Setidaknya  50 stan produk UMKM peternakan dan perikanan berjejer di sepanjang jalan komplek perkantoran Pemerintah Kabupaten Boyolali Jawa Tengah. Tepatnya di sepanjang jalan depan kantor Dinas Peternakan dan Perikanan (Disnakkan) Kabupaten Boyolali. Mereka adalah pengisi bazaar UMKM pada peringatan Bulan Bakti Peternakan ke-187 yang digelar oleh Disnakkan Kabupaten Boyolali, mulai Selasa hingga Kamis (10-12/10/2023).

Kegiatan dibuka langsung  Bupati Boyolali M. Said Hidayat. Pembukaan acara tersebut dimeriahkan dengan karnaval sapi tunggangan yang disaksikan oleh Bupati Said, Wakil Bupati Boyolali Wahyu Irawan, Ketua DPRD Boyolali Marsono, Ketua dan Wakil Ketua TP PKK Boyolali Desy Adiwarni M. Said Hidayat dan Nuning Wahyu Irawan.

Kepala Disnakkan Kabupaten Boyolali Lusia Dyah Suciati menjelaskan, kegiatan  diselenggarakan secara meriah,  sekaligus memperingati Hari Pangan Sedunia ke – 43, Hari Ikan Nasional ke – 10 dengan diadakannya lomba ikan hias Channa, dan Hari Rabies sedunia dengan membuka stan kesehatan hewan gratis vaksin rabies bagi kucing dan anjing. Ia mengaku diselenggarakannya acara ini adalah untuk memotivasi para peternak dan para pelaku produk hewan yang ada di Boyolali.
“Harapan kami Bulan Bakti ini tidak diselenggarakan hanya sekali ini tetapi secara rutin menjadi image Boyolali atau image masyarakat bahwa Boyolali punya potensi sektor peternakan juga sekaligus perikanan yang luar biasa, ketika kita mampu menampilkan produk-produk lokal kita,” kata Lusia Diyah Suciwati seperti dilaporkan Kontributor Elshinta, Sarwoto, Rabu (11/10).
Dikatakan Lusia, jumlah sapi di Boyolali sebelum terserang wabah PMK sebanyak 207.160 ekor sapi perah dan potong, sedangkan setelah wabah PMK berkurang 20 persen menjadi 161.111 ekor. Selain itu, untuk meramaikan acara pada hari ini, dikeluarkan pula 20 ekor sapi tunggangan yang bertujuan untuk dijadikan potensi wisata di Kabupaten Boyolali. Pada Rabu (11/10) pagi akan dikonteskan sapi indukan dara dalam rangka pencarian indukan berkualitas.

“Kami bisa mengangkat pembangunan sektor peternakan dan perikanan yang di Boyolali ini untuk lebih meningkat, juga bagi masyarakat kami lebih tahu potensi-potensi peternakan dan perikanan yang ada di Boyolali, didalamnya kami selipkan juga sosialisasi produk daging ikan dan susu ni sangat bagus untuk kualitas generasi yang akan datang.” kata Lusi.

Sementara itu, Bupati Said yang membuka acara tersebut sangat mengapresiasi kegiatan peringatan Bulan Bakti Peternakan Ke – 187. Ia berharap terselenggaranya acara ini dapat bermanfaat dan memberi kemanfaatan bagi masyarakat Kabupaten Boyolali terutama untuk ketahanan pangan di sektor peternakan dan perikanan.

“Semoga dapat memberikan dampak positif menjadi satu pendorong pada dunia peternakan di Kabupaten Boyolali.” harapnya. (admin)

Artikel telah tayang di elshinta.com

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Artikel Terbaru

spot_img

baca juga