Selasa, 28 Mei, 2024

Artikel Terbaru

MT Asep, Petrokimia Gresik Siapkan 361.487 Ton Pupuk Subsidi

ktnanasional – JAKARTA. PT Petrokimia Gresik (PG) telah menyiapkan sebanyak 361.487 ton pupuk subsidi untuk periode tanam dari April hingga September (MT Asep).

“Stok ini dianggap memadai untuk memenuhi kebutuhan petani selama beberapa minggu ke depan, termasuk masa Lebaran,” sebut Direktur Utama PG, Dwi Satriyo Annurogo, dalam rilis yang diterima TABLOID SINAR TANI, Jumat (05/04).

Stok ini terdiri dari 89.179 ton pupuk Urea subsidi, yang melebihi ketentuan minimum pemerintah sebanyak lima kali lipat, serta 272.308 ton pupuk NPK subsidi, melebihi stok minimum yang ditetapkan sebanyak 441 persen.

Dwi Satriyo menegaskan, persediaan pupuk subsidi tersebut sudah tersedia di gudang-gudang hingga lini III, sehingga petani tidak perlu khawatir. Kebutuhan pupuk bersubsidi untuk musim tanam April-September dijamin tercukupi hingga beberapa pekan ke depan, termasuk saat perayaan Hari Lebaran.

Petrokimia Gresik akan mengalirkan pupuk bersubsidi sesuai dengan ketentuan regulasi yang berlaku. Menurut Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 10 Tahun 2022, petani yang berhak menerima pupuk subsidi harus tergabung dalam kelompok tani, terdaftar dalam Sistem Informasi Manajemen Penyuluh Pertanian (SIMLUHTAN), menggarap lahan maksimal dua hektar, dan memiliki Kartu Tani (di beberapa wilayah).

Pupuk subsidi ini hanya diperuntukkan untuk sembilan komoditas pertanian strategis yang memiliki dampak signifikan terhadap inflasi, seperti padi, jagung, kedelai, cabai, bawang merah, bawang putih, tebu rakyat, kakao, dan kopi.

Dwi Satriyo menegaskan bahwa pupuk subsidi, baik Urea maupun NPK, hanya tersedia di kios-kios resmi yang ditunjuk untuk melayani kelompok tani setempat. Ia juga mengingatkan petani agar berhati-hati dan tidak tertipu oleh pupuk palsu yang banyak beredar di pasaran.

Petrokimia Gresik memahami bahwa tidak semua petani di Indonesia mendapatkan pupuk bersubsidi. Oleh karena itu, mereka berkomitmen untuk memberikan solusi melalui pupuk nonsubsidi, mengingat pentingnya pupuk dalam budidaya pertanian.

“Stok pupuk nonsubsidi yang telah disiapkan oleh Petrokimia Gresik mencapai total 69.398 ton, terdiri dari 8.744 ton Urea dan 60.654 ton NPK,” tambahnya.

Dirinya berharap, pupuk tersebut dapat dioptimalkan oleh petani untuk meningkatkan produktivitas pertanian pada tahun 2024, sehingga dapat berkontribusi pada peningkatan kesejahteraan para petani. (admin)

spot_img
spot_img

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Artikel Terbaru

baca juga