Selasa, 16 April, 2024

Artikel Terbaru

Mubes IPBH Kukuhkan Moh. Aris Sebagai Ketua

ktnanasional.com – MALANG. Musyawarah Besar Nasional Ikatan Produsen Benih Hortikultura (IPBH) Kembali di gelar. Mubes ke-3 IPBH yang berlangsung di Grand Mercure Mirama Hotel, Malang, Jawa Timur ini mengukuhkan MOH. ARIS, SP., MP. untuk kembali menjadi Ketua Umum Periode 2023-2028.

Kegiatan yang merupakan forum tertinggi organisasi produsen benih hortikultura tersebut dikuti oleh 60 pimpinan produsen benih hortikultura yang tergabung dalam keanggotaan IPBH.

Dalam agenda lima tahunan ini, dilaksanakan berbagai kegiatan yang diawali dengan Seminar Nasional bertema Mewujudkan Kemandirian Industri Benih Hortikultura Nasional.

Beberapa narasumber yang mengisi seminar tersebut antara lain Prof. Dr. Sobir, MSi (Guru Besar IPB) yang menyampaikan materi Strategi Produsen Benih Hortikultura Nasional untuk Bisa Memenangkan Persaingan di Era Global. Sementara itu Prof. Dr. M. Syukur, SP., MSi (Ketua umum PERIPI) yang menyampaikan materi Peran Penting Pemulia dalam Mewujudkan Kemajuan Industri Benih Hortikultura Nasional.

Sedangkan Ketua Umum IPBH Moh. Aris, SP., MP menyampaikan materi Strategi Produsen Benih Hortikultura Skala Kecil dan Menengah untuk Bisa Mandiri dan Kuat, Dan Key Note Speaker Dirjen Hortikultura Kementan RI diwakili  Direktur Perbenihan Hortikultura Dr. Inti Pertiwi Nashwari, SP., MSi.

Mengawali laporannya, Ketua IPBH melaporkan bahwa saat ini perkembangan IPBH dari waktu ke waktu mengalami jumlah anggota yang pesat dari awal berdiri tahun 2009 yang hanya 12 perusahaan hingga tahun 2023 ini terdaftar sebagai anggota IPBH sebanyak 71 perusahaan.

“Dari perkembangan Perusahaan benih hortikultura yang telah menerapkan Sistem Manajemen Mutu ISO 9001:2015 yang awal berdiri hanya 1 perusahaan hingga tahun 2023 telah 31 perusahaan benih hortikultura yang telah mandiri menerapkan SMM ISO 9001:2015.” ujarnya.

Pada kesempatan tersebut Direktur Perbenihan Hortikultura, Dr. Inti Pertiwi Nashwari, SP., MSi. mengapresiasi asosiasi ini sebagai mitra pemerintah dalam memajukan industry benih hortikultura nasional.

“Untuk bisa segera mewujudkan kemandirian industry benih hortikultura nasional pemerintah melalui direktorat perbenihan hortikultura mendukung penuh dan siap mensupport kegiatan untuk mencapai apa yang menjadi tujuan mulia tersebut demi turut menjaga kedaulatan pangan nasional.” ungkap Inti.

Sementara itu Prof. Sobir Kembali mengingatkan Kembali bahwa produsen benih hortikultura nasional untuk tidak terlena dengan dominansi keanekaragaman pendaftaran varietas dalam satu decade terakhir, namun harus senantiasa meningkatkan kualitas produk varietas yang dihasilkan dengan ilmu dasar pemuliaan secara lebih intensif sehingga varietas baru yang dihasilkan benar-benar mampu bersaing di pasar global dan memenuhi keinginan pasar.

Senada dengan Prof. Sobir, pembicara kedua Prof. Syukur juga siap mensupport terutama pembinaan Sumber Daya Manusia pemulia industry benih hortikultura nasional melalui organisasi PERIPI (Perhimpunan Pemulia Indonesia) yang dipimpin.

“Kolaborasi pemulia dari PERIPI dan dari industry benih hortikultura nasional akan lebih mengukuhkan dominansi varietas yang dilepas lebih unggul dan kompetitif.” tegas Prof. Syukur.

 Ketua Umum IPBH Moh. Aris, SP., MP menyampaikan bahwa penguatan cluster-cluster industry benih hortikultura yang dimulai dari cluster hulu untuk bisa menerapkan SMM ISO 9001:2015 menjadi sangat penting untuk memastikan keterjaminan mutu benih yang beredar terutama yang akan ditangkap oleh industry benih cluster hilir.

“IPBH selama ini konsentrasi pada pembinaan SDM pada semua lini bisnis proses industry benih melalui pelatihan-pelatihan intensif yang dilakukan bekerjsa sama dengan Lembaga-lembaga yang berkompeten baik dari perguruan tinggi, BPSB seluruh Indonesia, termasuk dari Direktorat Perbenihan Hortikultura serta BBPPMBTPH Cimanggis.” tambah Moh. Aris.

Lebih lanjut Aries mengatakan SDM yang Tangguh yang disertai dengan sistim pemuliaan yang kuat akan semakin mendekatkan diri pada kemandirian industry benih hortikultura nasional secara nyata.

Kegiatan diakhiri dengan musyawarah besar nasional yang diantaranya melakukan beberapa perbaikan dasar melalui revisi AD/ART IPBH untuk bisa lebih fleksible dalam menyikapi perkembangan bisnis industry perbenihan hortikultura nasional maupun dalam kancah global.

Mubes ke-3 IPBH tahun 2023 ini akhirnya memilih secara aklamasi Sdr. Moh. Aris, SP., MP sebagai Ketua Uumum IPBH Periode 2023-2028.

Dalam sambutan nya setelah terpilih, Moh. Aris berterima kasih dan mangajak serta seluruh komponen anggota IPBH seluruh Indonesia untuk bahu membahu mewujudkan apa yang menjadi cita-cita bersama sebagai Tuan Rumah di negeri Sendiri pada industry benih hortikultura nasional.

Lebih lanjut ia akan menggandeng genearsi milenial untuk turut serta mengambil peran dalam industry ini dan akan memulai memasukkan milenial pada kepengurusan IPBH Periode mendatang.

Kegiatan yang bertempat di hotel Bintang lima di kota sejuk Malang ini dihadiri kurang lebih 150 peserta terdiri dari anggota IPBH dan tamu undangan dan disiarkan secara hybrid melalui webinar on line dihadiri sekitar 200 peserta on line dan juga bisa disaksikan melalui chanel you tube :  https://youtube.com/live/iKj3p3vv8Bs?feature=share .

Sisi humanis dari kegiatan ini tampak jelas dengan dihadirkannya terlebih dahulu music keroncong live Kemoel Saroeng dari Kota Wisata Batu, dimana sebelum acara dimulai beberapa pesohor seperti Prof. Syukur (Ketua PERIPI), juga Moh. Aris (Ketua IPBH) menyumbangkan beberapa lagu sambil menunggu acar dimulai. (admin)

spot_img

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Artikel Terbaru

Advertisementspot_img

baca juga