Selasa, 28 Mei, 2024

Artikel Terbaru

Mudik, Inilah Wisata Kuliner Banten dan Jawa Barat yang Bikin Ngiler

ktnanasional – JAKARTA. Mudik Lebaran menjadi ajang masyarakat, khususnya dari ibukota negara mencari tempat wisata kuliner. Wisata kuliner juga untuk mengenang masa kecil di kampung.

Bagi pemudik dengan tujuan Banten dan Jawa Barat, ada beberapa lokasi wisata kuliner yang bisa menjadi lokasi. Misalnya, di Banten, khususnya Kota Serang, salah satu kuliner tradisional adalah Sate Bandeng RM Sampurna Jl. Jendral Ahmad Yani, Cipare Kec. Serang, Kota Serang, Banten. Sate Bandeng merupakan olahan dari daging ikan bandeng yang dihancurkan, kemudian dicampur dengan santan dan bumbu rempah,. Olah itu dimasukkan kembali ke dalam ikan.

Satu lagi yang patut dicoba adalah Nasi Sumsum. Rumah Makan Nasi Sumsum Mang Puri yang berlokasi di Jl. Kapten Swardo No.15 B, Kotabaru, Kec. Serang, Kota Serang, Banten. Nasi bakar sumsum dikenal dengan rasa gurih dan sensasi sedikit pedas. Nasi bakar sumsum disajikan beralaskan piring bambu dan daun pisang dengan irisan tomat segar dan mentimun. Warna nasi yang kemerahan dengan aroma rempah yang kuat, nikmat jika disajikan saat panas.

Tak kalah nikmatnya ada Nasi Rabeg H. Naswi Magersari. Rabeg merupakan kuliner khas Banten yang wajib dicicipi setelah sate bandeng. Rabeg adalah hidangan makanan yang umumnya berbahan dasar daging kambing ini mempunyai citarasa manis yang gurih dan sedikit pedas. Lokasi RM Rabeg Khas Serang H. Naswi (Magersari) di Jl Mayor Syafei No.30, Kotabaru, Kec. Serang, Kota Serang.

Bagi pemudik yang melewati jalur Pantai Utara Jawa Barat bisa menikmati Nasi Jambal yang berada di Karawang. Kuliner ini jangan dilewatkan karena aduhai sangat menggoda selera. Lokasinya, di RM Pepes Jambal Walahar H Dirja, Jalan Bendungan Walahar, Kutapohaci, Ciampel, Karawang. Tepatnya di samping bendungan Walahar peninggalan jaman Belanda.

Melewati Kota Cirebon, empal gentong menjadi salah satu makanan khas masyarakat Kota Udang tersebut. Makanan ini mirip dengan gulai yang dimasak menggunakan kayu bakar di dalam gentong. Daging yang digunakan adalah usus, babat dan daging sapi. Jika kita keluar tol Cirebon arah Trusmi, maka sepanjang jalan tersebut hingga menuju pusat kota Cirebon, banyak rumah makan empal gentong. Salah satu yang cukup terkenal adalah RM. H. Apud.

Kuliner khas lain di Cirebon adalah nama Jamblang. Nama Jamblang sendiri berasal dari nama daerah di sebelah barat kota Cirebon tempat asal pedagang makanan tersebut. Ciri khas makanan ini adalah penggunaan daun Jati sebagai bungkus nasi. Salah satunya RM Nasi Jamblang Ibu Nur di Jl. Cengkaring No. 45 yang menyajika makanannya secara prasmanan.

Makanan tradisional lainnya dari kota yang berada di Pantura Jawa Barat ini adalah Nasi Lengko. Kuliner yang satu ini terdiri dari nasi putih, tempe goreng, tahu goreng, mentimun (mentah segar, dicacah), tauge (direbus), daun kucai (dipotong kecil-kecil), bawang goreng, bumbu kacang (seperti bumbu rujak, pedas atau tidak, tergantung selera), dan kecap manis. Ingin menikmati nasi ini cobalah Nasi Lengko Pagongan H. Barno yang berada di Jl. Pagongan No. 15B.

Banyak lagi wisata kuliner di wilayah Banten dan Jawa Barat, khususnya Jawa Barat bagian selatan yang belum tereksplorasi dalam tulisan ini. Selamat menikmati wisata kuliner selama mudik Lebaran. (admin)

spot_img
spot_img

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Artikel Terbaru

baca juga