Sabtu, 24 Februari, 2024

Artikel Terbaru

Munas 12 IKA SKMA, Dr. H. Irwan, S.IP., M.P. Terpilih sebagai Ketua Umum Periode 2023-2028

ktnanasional.com – SAMARINDA.  Bertempat di hotel Mesra kota Samarinda Musyawarah Nasional (Munas) Ikatan Keluarga Alumni (IKA) Sekolah Kehutanan Menengah Atas (SKMA) ke-12 berlangsung tanggal 27-29 Oktober 2023. Pelaksanaan Munas digelar tanggal 28 Oktober bersamaan dengan peringatan hari Sumpah Pemuda. Munas kali ini mengambil tema “Terus Berkarya Untuk Rimba Raya”.

Deny Prasetyawan, Ketua Panitia Pelaksana, menyatakan bahwa selain Munas, ada beragam kegiatan yang menyemarakkan Munas IKA SKMA ke-12. Salah satu kegiatan tersebut adalah penanaman pohon di sekitar lokasi acara, tepatnya di Hotel Mesra Samarinda. “Selain itu, ada juga kegiatan lain yang menarik, seperti pembagian hadiah lomba tenis dan kehadiran artis ibu kota,” ucapnya.

Deny menjelaskan bahwa Munas dihadiri oleh 221 peserta, yang terdiri dari pengurus daerah masing-masing. Selain para alumni, pada saat acara poembukaan Munas juga dihadiri oleh pejabat dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan serta Kepala Dinas Kehutanan Provinsi Kalimantan Timur.

Dalam pemilihan yang berjalan secara aklamasi terpilih Dr. H. Irwan, S.IP., M.P. yang akrab dipanggil Iwan Fecho sebagai Ketua Umum IKA SKMA periode 2023-2028. “Saya bisa katakan kegiatan ini berjalan lancar dan sukses, kenapa bisa saya bilang begitu, karena untuk pertama kalinya terpilih dengan aklamasi,” ujar Irwan.

Ketika ditanya tentang rencana setelah terpilih, Irwan, yang juga merupakan legislator Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) RI, menjelaskan bahwa langkah pertama mereka adalah membentuk kepengurusan. Mereka tidak ingin terburu-buru, karena tujuan mereka adalah menciptakan kepengurusan yang penuh dengan loyalitas dan kapasitas untuk melayani bangsa.

“Jadi nantinya saya akan segera bersurat kepada masing-masing pengurus daerah (pengda) untuk merekomendasikan alumni terbaik yang didorong ke pengurus pusat, kemudian kami juga akan melakukan fit and proper test,” jelasnya.

Secara keseluruhan, program yang ingin diwujudkan oleh IKA SKMA adalah kontribusi bagi negara. Namun, mereka juga akan terus merawat jiwa kekeluargaan di antara pengurus, karena bagi mereka, itu adalah aset berharga.

“Kekeluargaan adalah prinsip yang telah kami bangun dalam organisasi ini di antara seluruh alumni. Kami merasa seperti keluarga satu sama lain, dan itu merupakan pondasi kuat dalam organisasi kami,” pungkasnya.

Selama pelaksanaan Munas muncul rencana untuk membangun badan usaha yang akan dimiliki oleh SKMA, dari hasil diskusi lintas angkatan yang pada dasarnya ingin meneruskan program ekonomi yang belum berjalan pada periode kepengurusan sebelumnya. Menurut Amin Abdul Karim angkatan 1 SKMA Samarinda, Munas kali ini harus ada oleh oleh yang dibawa pulang peserta, sekaligus menjadi pekerjaan rumah bersama.

“Membentuk badan usaha milik SKMA ini kalau di serahkan pada Angkatan yang muda muda dan professional yakin akan bisa terwujud”, kata Amin.

Hal senada disampaikan oleh Trisno Widodo, S.H.,M.M. alumni angkatan 4 SKMA Samarinda yang juga menjabat Dewan Penasehat Kontak Tani Nelayan Andalan (KTNA) Nasional, dengan keberadaaan alumni yang sudah menyebar se Indonesia dan jiwa korsa yang masih terjaga rencana untuk mewujutkan badan usaha milik SKMA sangat bisa sekali. Ini harus bisa diwujudkan untuk menjadi salah satu program prioritas kepengurusan periode 2023-2028. “Dengan kekuatan dan kebersamaan seluruh alumni SKMA kita harusnya bisa membangun badan usaha sekelas BUMN”, kata Trisno. (admin)

 

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Artikel Terbaru

spot_img

baca juga