Sabtu, 24 Februari, 2024

Artikel Terbaru

Musim Hujan Tiba, ini Peringatan DKPP untuk Peternak di Kabupaten Kediri

ktnanasional – JAWA TIMUR, KEDIR. Memasuki musim hujan di puncak musim hujan di Pebruari ini, Dinas Ketahahanan Pangan dan Peternakan (DKPP) Kabupaten Kediri ingatkan dan imbau peternak di Kabupaten Kediri ternaknya jangan sampai sakit saat cuaca ekstrem seperti ini.

Peternak harus respon pada ternaknya saat perubahan cuaca.

Plt Kepala DKPP Kabupaten Kediri mengatakan, kondisi ternak di peternakan  kelompok atau perorangan haruslah waspada dan jangan abai gejala yang muncul pada ternak saat kondisi seperti sekarang ini.

Jika ternak mulai enggan makan dan malas bergerak perlu diperiksakan.
“Malas makan dan malas bergerak salah satu gejala sakit yang mulai muncul dan harus segera diobati. Ini upaya pengurangan resiko ternak sakit lebih parah dan mencegah mati jadi harus segera diobati,” katanya.

Tutik menjelaskan, bisa saja karena perubahan cuaca seperti saat ini suhu dan daya tahan tubuh ternak menurun sehingga perlu makanan tambahan dan vitamin untuk perkuat daya tahan tubuh ternak.

Yang perlu diperhatikan lagi kondisi kandang harus tetap terjaga bersih agar sapi tetap sehat.
“Kebersihan kandang harus tetap dijaga. Ini untuk menjaga kesehatan ternak agar pola makan tetap stabil dan bisa makan banyak. Ada baiknya jika alami gejala sakit, ternak segera periksakan ke dokter hewan atau mantri hewan untuk pengobatan cegah sakit,” imbuhnya. (admin)
artikel ni telah tayang di koranmemo.com

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Artikel Terbaru

spot_img

baca juga