Selasa, 16 April, 2024

Artikel Terbaru

NET ZERO EMMISIONS (NOL EMISI KARBON)

ktnanasional.com – Dalam situasi ekonomi dunia yang kian penuh dengan ketidakpastian saat ini, isu ketahanan energi nasional menjadi semakin penting baik bagi pemerintah pusat maupun pemerintah daerah. Khususnya dalam konteks rencana pemerintah untuk melakukan transisi energi dari sumber-sumber energi berbasis fosil menjadi berbasis energi terbarukan.

Net zero emissions atau nol emisi karbon adalah kondisi dimana jumlah emisi karbon yang dilepaskan ke atmosfer tidak melebihi jumlah emisi yang mampu diserap oleh bumi. Untuk mencapainya diperlukan sebuah transisi dari sistem energi yang digunakan sekarang ke sistem energi bersih guna mencapai kondisi seimbang antara aktivitas manusia dengan keseimbangan alam.

Pemerintah sangat serius mewujudkan komitmen net zero emission (NZE) pada tahun 2060. Bahkan, kalau bisa lebih cepat dari itu. Karenanya, pemerintah tengah menyusun sebuah roadmap untuk merelisasikan NZE demi menghadapi berbagai tantangan serta risiko perubahan iklim di masa mendatang.

Salah satu hal yang perlu diperhatikan dalam melakukannya adalah mengurangi jumlah karbon atau gas emisi yang dihasilkan dari berbagai kegiatan (aktivitas) manusia pada kurun waktu tertentu, atau lebih sering dikenal dengan jejak karbon. Jejak karbon yang kita hasilkan akan memberikan dampak yang negatif bagi kehidupan kita di bumi, seperti kekeringan dan berkurangnya sumber air bersih, timbul cuaca ekstrim dan bencana alam, perubahan produksi rantai makanan, dan berbagai kerusakan alam lainnya.

Dampak yang ditimbulkan akan berpengaruh kepada produksi pangan karena pangan, energi, dan air memiliki keterkaitan (nexus) yang kuat, termasuk dampaknya terhadap perubahan iklim dan pembangunan berkelanjutan. (admin)

 

spot_img

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Artikel Terbaru

Advertisementspot_img

baca juga