Selasa, 16 April, 2024

Artikel Terbaru

NTB Berupaya Perketat Alih Fungsi Lahan

ktnanasional.com – NTB, MATARAM. Kepala Biro Humas dan Informasi Publik Kementerian Pertanian Kuntoro Boga Andri mengatakan, semua pihak diminta untuk mentaati aturan LP2B ini, sebab regulasinya sudah lama lahir. Di tingkat pusat sudah ada UU Nomor 41 Tahun 2009 dan Peraturan Pemerintah Nomor 1 Tahun 2011 tentang penetapan dan alih fungsi lahan pertanian pangan berkelanjutan.

Nah, (jika melanggar) ini bisa dipidana dan masyarakat bisa melaporkan oknum ke Aparat Penegak Hukum (APH),” kata Kuntoro Boga Andri.

Kuntoro Boga mengatakan, arah pengaturan dari UU ini bertujuan melindungi lahan pertanian pangan dari derasnya arus alih fungsi lahan. “Sehingga bidang-bidang lahan tertentu hanya boleh digunakan untuk aktivitas pertanian pangan yang sesuai peruntukan,” tegasnya.

UU tersebut juga mengatur sanksi perorangan dan perusahaan yang melakukan pelanggaran alih fungsi lahan pertanian. Seperti di pasal 72, 73, dan 74 menerangkan dengan rinci denda dan hukuman bagi yang melakukan pelanggaran aturan.

“Yang pasti, dalam aturan ini disebutkan, setiap orang yang sengaja mengalihfungsikan lahan akan dijerat dengan tindak pidana kurungan selama lima tahun penjara dan pidana denda sebesar Rp 5 miliar,” paparnya.

Pemprov NTB sendiri telah memiliki Perda Perlindungan Lahan Pertanian Pangan Berkelanjutan Nomor 10 Tahun 2017. Dalam regulasi tersebut tercantum sanksi bagi pihak-pihak yang melanggar. Misalnya di Pasal 54 (1) berbunyi orang perseorangan yang melakukan alih fungsi Lahan Pertanian Pangan Berkelanjutan sebagaimana dimaksud dipidana sesuai dengan ketentuan UU 41 Tahun 2009 tentang Perlindungan Lahan Pertanian Pangan Berkelanjutan.

Selanjutnya di ayat (2) menyatakan orang perseorangan yang tidak melakukan kewajiban mengembalikan keadaan Lahan Pertanian Pangan Berkelanjutan ke keadaan semula dan tidak melakukan rehabilitasi dipidana sesuai dengan ketentuan UU 41 Tahun 2009 tentang Perlindungan Lahan Pertanian Pangan Berkelanjutan. (admin)

spot_img

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Artikel Terbaru

Advertisementspot_img

baca juga