Sabtu, 24 Februari, 2024

Artikel Terbaru

Optimalkan Sumber Daya Perikanan Laut Melalui Industri Pengolahan Ikan

ktnanasional.com – JAWA BARAT, KARAWANG.  Indonesia memiliki potensi sumber daya perikanan laut yang sangat besar. Potensi perikanan dapat dimaksimalkan melalui budidaya ikan maupun kegiatan pelaku nelayan.

Sektor perikanan khususnya pada komoditas produk ikan laut melibatkan banyak pelaku bisnis pada rantai pasoknya seperti nelayan, pengelola dermaga pelelangan, pedagang, jasa transportasi, hingga pelaku industri kecil dan menengah(IKM) olahan pangan.

IKM memiliki peran penting dalam hilirisasi industri yang memberikan nilai tambah dari komoditas unggulan yang dihasilkan daerah.

Tidak terkecuali di wilayah Kabupaten Sinjai, Sulawesi Selatan yang terkenal sebagai daerah penghasil ikan laut yang berlimpah dan berkualitas.

Kabupaten Sinjai telah memiliki Sentra IKM Pengolahan Ikan yang merupakan hasil kerjasama antara Kementerian Perindustrian dan Pemerintah Kabupaten Sinjai.

Sentra tersebut berada di Kelurahan Lappa, Sinjai Utara yang lokasinya berdekatan dengan Tempat Pelelangan Ikan (TPI).

Direktur Jenderal Industri Kecil, Menengah dan Aneka, Reni Yanita, menyampaikan bahwa pengembangan Sentra IKM Pengolahan Ikan di Kabupaten Sinjai telah dilakukan sejak tahun 2017.

“Pembangunan sentra tersebut salah satunya bertujuan untuk menumbuhkan pelaku industri baru yang memanfaatkan sumber daya alam hasil perikanan di Kabupaten Sinjai sekaligus mendorong proses hilirisasi pada industri pangan olahan berbasis ikan laut,” tuturnya di Jakarta, Jumat 8 September 2023.

Selain itu, Reni juga menjelaskan sentra IKM Pengolahan Ikan di Kabupaten Sinjai merupakan salah satu contoh sukses dari pemanfaatan komoditas unggulan di daerah yang dimaksimalkan dengan menghadirkan fasilitas produksi yang layak dan mumpuni bagi para pelaku IKM untuk dapat menghasilkan produk olahan ikan yang berkualitas.

“Pengolahan ikan menjadi produk hilir diharapkan dapat meningkatkan nilai tambah dari rantai pasok komoditas hasil perikanan di Kabupaten Sinjai sehingga masyarakat tidak hanya menjual ikan mentah secara utuh, namun juga dapat mengolahnya menjadi produk turunan lainnya yang memiliki nilai ekonomi yang lebih besar, namun hal ini tentunya membutuhkan proses yang bertahap dan penuh tantangan,” paparnya.

Lebih lanjut, sentra IKM Pengolahan Ikan Kabupaten Sinjai saat ini memiliki sepuluh mitra IKM yang memproduksi berbagai produk turunan berbahan baku ikan laut seperti bakso ikan, abon ikan, kerupuk amplang, siomay, nugget, hingga pakan ternak. (admin)

Artikel telah tayang di karawangpost

“Para pelaku IKM tersebut diharapkan dapat memberikan dampak yang saling menguntungkan dengan para nelayan, dimana pelaku IKM memiliki akses bahan baku yang terjangkau dan para nelayan juga mendapatkan konsumen tetap,” terang Reni.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Artikel Terbaru

spot_img

baca juga