Rabu, 24 April, 2024

Artikel Terbaru

P.T. Anugrah Rizkie Gunung akan Menggandeng KTNA Nasional untuk Cetak Sawah

ktnanasional.com – Jakarta. Corporate Social Responsibility (CSR) merupakan program tanggung jawab sosial yang dilakukan oleh perusahaan kepada stakeholders dan pihak-pihak lain yang berkepentingan, termasuk masyarakat. PT. Anugrah Rizkie Gunung (ARG) yang bergerak dibidang pertambangan batu bara juga tidak terlepas dari tanggung jawab tersebut.

 

Kepada Medkominfo KTNA, Trisno Widodo direktur utama PT. ARG menyampaikan perusahaan yang dipimpinnya mempunyai komitmen yang kuat untuk melaksanakan tanggung jawab tersebut. Salah satu program CSR yang segera dilaksanakan adalah percetakan sawah di desa Pelawan kecamatan Sangkulirang kabupaten Kutai Timur Kaltim. Dan untuk merealisasikan program tersebut PT. ARG akan menggandeng KTNA Nasional sebagai pendamping untuk mensukseskan program CSR PT. ARG.

 

Berkaca dari pengalaman Trisno Widodo sewaktu menjadi Ketua KTNA Kabupaten Kutai Kartanegara, ketua 1 KTNA Provinsi Kaltim hingga menjadi Ketua Panitia Pelaksana PENAS XIII di Kukar tahun 2011, KTNA merupakan mitra yang tepat untuk digandeng perusahaan dalam melaksanakan kewajiban CSR terutama yang berkaitan dengan dunia pertanian dalam arti luas. Mengingat kelembagaan petani nelayan rata rata dibawah naungan KTNA. Disetiap Balai Penyuluhan Pertanian (BPP), disitu juga tempat sekretariat KTNA ditingkat Kecamatan.

 

“Sesuai dengan ketentuan Pasal 74 (UUPT) Kode Etik Perusahaan bertujuan untuk lebih mewujudkan masyarakat yang serasi, seimbang, dan selaras dengan lingkungan, nilai, norma, dan budaya masyarakat setempat, PT. ARG berkomitmen untuk melaksanakan sesuai ketentuan yang berlaku,” kata Trisno Widodo

Peta Perencanan Cetak Sawah di Desa Pelawan Kabupaten Kutai Timur Kaltim
Peta Perencanan Cetak Sawah di Desa Pelawan Kabupaten Kutai Timur Kaltim

PT. ARG yang beroperasi di Kabupaten Kutai Timur, saat ini bersama Balai Penyuluhan Pertanian (BPP) Kecamatan Sangkulirang telah menyusun desain percetakan sawah di desa Pelawan seluas lebih kurang 215 Hektar. Menjadi tugas BPP untuk menyusun kelembagaan kelompok taninya serta CPCL agar program ini dapat berjalan sesuai harapan. Koordinaor BPP Sangkulirang Supriyanto bersama kelompok tani menyampaikan apa yang menjadi bagian tugas BPP untuk mewujutkan program percetakan sawah ini telah dilaksanakan dengan baik.

 

“Kami yakin program ini akan berjalan sesuai rencana, terlebih kami mengenal bapak Trisno Widodo Direktur PT. ARG sudah dikenal sebagai tokoh Pertanian di tingkat Nasional,” Kata Supri.

Trisno Widodo (ke 3 dari kiri) Bersama Pj. Gubernur Babel Ridwan Djamaludin, Ketua KTNA Nasional M. Yadi Sofyan Noor dan ketua KTNA Babel Jawarno, saat pembahasan pengelolaan lahan paska tambang
Trisno Widodo (ke 3 dari kiri) Bersama Pj. Gubernur Babel Ridwan Djamaludin, Ketua KTNA Nasional M. Yadi Sofyan Noor dan ketua KTNA Babel Jawarno, saat pembahasan pengelolaan lahan paska tambang

Menanggapi rencana melibatkan KTNA Nasional untuk mendampingi perusahaan dalam melaksanakan kewajiban CSR nya, Ketua Umum KTNA Nasional M. Yadi Sofyan Noor sangat menyambut baik. Banyak di KTNA tenaga ahli di bidang pertanian, perikanan dan kehutanan, mereka para praktisi lapangan yang siap membantu perusahaan, tidak hanya PT. ARG tapi semua perusahaan bila diperlukan. “Satu hal yang harus menjadi catatan, melibatkan pemerintah baik kabupaten ataupun provinsi, karena untuk membangun pertanian itu perlu sinergi dan kolaborasi,” ujar Sofyan. (admin)

 

spot_img

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Artikel Terbaru

baca juga