Selasa, 16 April, 2024

Artikel Terbaru

P4S Joglo Nganjuk go Internasional

ktnanasional.com – JATIM Nganjuk.  Kabar gembira datang dari Susanto pengelola Pusat Pelatihan Pertanian Pedesaan Swadaya (P4S) Joglo Nganjuk. Pasalnya program Non-Aligned Movement Centre for South-South Technical Cooperation (NAM CSSTC) akan dibuka kembali setelah ditunda karena pandemi covid yang melanda seluruh dunia.

 

NAM CSSTC atau Pusat Gerakan Non-Blok untuk Kerjasama Teknik Selatan-Selatan, adalah organisasi internasional yang mengemban misi meningkatkan kapasitas negara-negara Gerakan Non Blok. Kerjasama antara Kementerian Pertanian dengan negara Afrika dan Pasifik ini sudah dilakukan dalam beberapa tahun terakhir. Menteri Pertanian, Syahrul Yasin Limpo, mengatakan pentingnya keterlibatan Kementan di kancah dunia dengan berperan aktif membantu negara mitra di Afrika dan Pasifik yang masih terbelakang dalam ketahanan pangan.

 

Misi NAM CSSTC adalah untuk berkontribusi pada peningkatan dan akselerasi pembangunan nasional dengan memperkuat dan memperluas kerja sama teknis Selatan-Selatan dalam konteks kerja sama pembangunan internasional dengan target untuk mencapai tujuan pembangunan negara-negara berkembang untuk mencapai pembangunan yang berpusat pada manusia yang berkelanjutan dan untuk memungkinkan negara-negara berkembang menjadi mitra yang setara dalam hubungan internasional.

 

Sebelum pandemi melanda, tahun 2020 BBPP Ketindan mendampingi Joglo Nganjuk mulai merangkak ke Go Internasional dengan mempresentasikan salah satu inovasinya yakni Light Trap Insect dihadapan pengusaha dari Negara Tanzania yakni Desdery Rutakyamilwa Celestine, dirinya sangat tertarik dengan Light Trap yang dikembangkan dan dibuat oleh Susanto dan dirinya juga sangat mengapresiasi teknologi yang dibuat oleh Susanto.

 

“Disamping itu light trap ini sangat berguna untuk pengendalian insect yang sering merusak tanaman. Alat seperti ini sangat dibutuhkan di lahan petani dengan hamparan yang luas dan yang penting bebas pestisida kimia,” ungkapnya. (admin)

spot_img

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Artikel Terbaru

Advertisementspot_img

baca juga