Rabu, 24 April, 2024

Artikel Terbaru

Pakar Oceanography IPB University: El Nino Bawa Kabar Baik, Panen Raya Ikan Akan Datang

ktnanasional.com – JAKARTA. Dalam pandangan Prof. Agus S. Atmadipoera, seorang pakar Oceanography dari IPB University, fenomena El Nino tidak hanya sekadar peristiwa alam biasa. Justru, ia mengungkapkan bahwa El Nino membawa berita baik bagi sektor kelautan di Indonesia. Lebih lanjut, ia menjelaskan bahwa El Nino akan menjadi pemicu utama bagi munculnya panen raya ikan di zona upwelling.

“Di daratan, El Nino seringkali menjadi momok yang mengancam ketahanan pangan nasional. Namun, sebuah paradoks menarik terungkap di laut, ketika fenomena El Nino justru membawa berkah bagi sektor kelautan Indonesia,” ungkap Prof. Agus S. Atmadipoera, seorang pakar Oceanography dari IPB University.

Prof. Agus menjelaskan bahwa kunci di balik fenomena ini adalah meningkatnya intensitas upwelling dan suhu air laut yang cenderung lebih dingin selama tahun El Nino. Kondisi ini memicu peningkatan produktivitas ekosistem laut yang tak tertandingi.

“Dampak positif ini juga melimpah kepada nelayan Indonesia. Panen raya ikan laut biasanya berlangsung beberapa bulan setelah puncak El Nino, yang diprediksi akan terjadi pada Agustus-September 2023 ini,” tambahnya.

Melimpahnya ikan di zona ini terkait erat dengan penguatan intensitas upwelling di lima zona upwelling nusantara, termasuk perairan selatan Jawa, Laut Banda, Laut Maluku, dan Laut Aru. Upwelling sendiri adalah fenomena naiknya air laut dari lapisan dalam yang membawa nutrien kaya dan suhu lebih dingin ke permukaan, yang memicu pertumbuhan tumbuhan renik (phytoplankton) sebagai produsen primer di laut.

“Melimpahnya phytoplankton ini adalah titik awal rantai makanan laut, yang dimulai dengan pemakanan oleh zooplankton sebagai konsumen tingkat pertama. Dengan kata lain, rantai makanan ini berlanjut hingga mencapai tingkat pemangsaan oleh ikan pelagis besar, seperti ikan tuna dan cakalang,” jelas Prof. Agus.

Keberadaan fenomena upwelling ini memberikan peluang besar bagi nelayan dan industri perikanan laut untuk meningkatkan produksi tangkapan ikan. Namun, Prof. Agus menegaskan pentingnya peran pemerintah dalam mendorong industri perikanan laut untuk memanfaatkan peluang ini.

“Pemerintah harus mengambil langkah proaktif dengan memberikan dukungan kepada industri perikanan laut dan nelayan Indonesia untuk mengoptimalkan produksi perikanan tangkap dan pasca panen selama panen raya ikan tahun El Nino 2023 ini. Subsidi dan investasi dalam sektor kelautan dan perikanan juga menjadi kunci dalam memperkuat ketahanan pangan nasional, terutama dalam menyediakan sumber daya ikan yang cukup,” tandasnya. (admin)

spot_img

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Artikel Terbaru

baca juga