Minggu, 21 April, 2024

Artikel Terbaru

Panen Raya di Cikembar, Distan Sukabumi Ungkap Keuntungan Pertanian Pro Organik

ktnanasional.com – SUKABUMI, Dinas Pertanian atau Distan Kabupaten Sukabumi terus mengembangkan Program Gerakan Pertanian Pro Organik. Program tersebut dikerja samakan dengan Dinas Tanaman Pangan dan Hortikultura Provinsi Jawa Barat untuk hasil yang maksimal.

Program Gerakan Pertanian Pro Organik telah membuahkan hasil. Melalui kegiatan Farmers Field Day (FFD), program tersebut telah menggelar panen raya padi organik di Poktan Sugema, Gapoktan Sugih Mukti, Desa Cibatu Kecamatan Cikembar, Kamis 27 Juli 2023 lalu.

“Kemarin itu hasilnya alhamdulillah memuaskan. Dari hasil pengubinan, diperoleh perkiraan profitas sekitar 7.9 ton gkp (gabah kering panen),” ungkap Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Sukabumi, Sri Hastuty Harahap, Kamis (3/8/2023).

Tuty mengaku memiliki harapan agar para petani merubah mindset dan beralih ke pertanian organik. Hal itu diimplementasikan dalam Sekolah Lapang Genta Organik yang sering digelar.

“Keuntungan dari pertanian organik ini adalah dapat menekan biaya produksi yang tinggi akibat adanya pembatasan pupuk bersubsidi, perbaikan lingkungan, dan dalam jangka panjang terjadi peningkatan pendapatan petani,” jelasnya.

“Melihat tingkat kesesuaian lahan dan minat petani, maka di masa yang akan datang padi organik dapat dibranding menjadi komoditas unggulan Kecamatan Cikembar bahkan Kabupaten Sukabumi,”pungkasnya. (admin)

Artikel telah tayang di sukabumiupdate.com

spot_img

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Artikel Terbaru

Advertisementspot_img

baca juga