Sabtu, 24 Februari, 2024

Artikel Terbaru

Panen Raya Jagung Komposit di Kabupaten Serang Diharap Penuhi Kebutuhan Lokal-Nasional

ktnanasional – BANTEN,SERANG. Kelompok Tani (Poktan) Talun Jaya Desa Pancanegara, Kecamatan Pabuaran bersama Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian (DKPP) Kabupaten Serang Panen Raya Jagung Komposit Jakarin (putih dan ungu) pada Selasa, 12 Desember 2023. Diharap, produksi Jagung Komposit Jakarin putih dan ungu bisa memenuhi kebutuhan lokal dan nasional.

Kepala DKPP Kabupaten Serang, Suhardjo mengatakan tujuan digelarnya panen raya dapat menghasilkan produksi jagung dalam jumlah besar diwilayah Desa Pancanegara, Kecamatan Pabuaran mampu meningkatkan keinginan petani untuk budidaya jagung setelah padi. Kemudian meningkatkan semangat kelompok tani, untuk mengubah pola tanam tahunan.

“Selain itu kelompok tani dapat memenuhi kebutuhan jagung lokal dan nasional, meningkatkan pendapatan ekonomi bagi kelompok tani dan anggotanya,”ujar Suhardjo dalam sambutannya.

Suhardjo mengungkapkan, dilakukannya panen raya jagung dikarenakan terjadinya serangan WBC (Wereng Batang Coklat) pada tanaman padi di Poktan Talun Jaya setelah pengendalian. Maka, dilanjutkan kerjasama untuk budidaya Jagung Komposit Jakarin putih dan ungu bersama tim BSIP dan MAJ.

“Tanaman jagung salah satu tanaman pangan unggulan di Kabupaten Serang selain padi, jagung memiliki pangsa pasar yang besar, karena komoditas jagung merupakan bahan pangan kedua setelah beras,”katanya.

Menurut Suhardjo, komoditas jagung juga mempunyai peran sangat strategis sebagai ketahanan pangan dan penggerak roda ekonomi bagi masyarakat. “Jagung tidak hanya digunakan sebagai bahan pangan saja, tetapi juga digunakan sebagai bahan baku industri bahan pakan ternak (unggas dan sejenisnya), bahan bakar seperti Biofuel/Polymer,”jelasnya.

Turut hadir pada panen raya Kepala Distan Provinsi Banten, Agus M. Tauchid, Kepala BSIP Provinsi Banten, Ismatul Hidayah, Kepala BPSB-TPH Provinsi Banten, Novi Yanti, Camat Pabuaran, Rana Suherna, Paktisi MAJ atau Masyarakat Agribisnis Jagung, Korluh dan Tim Penyuluh Pertanian BPP Pabuaran, Kepala Desa Pancanegara, Ade Suhendra, dan Unsur Muspika Kecamatan Pabuaran. (admin)

artikel ini telah tayang di bantenkita.com

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Artikel Terbaru

spot_img

baca juga