Senin, 4 Maret, 2024

Artikel Terbaru

Panen Raya Padi di Subang, Presiden Jokowi : Tambah Cadangan Beras saat El Nino

ktnanasional.com – JAWA BARAT, SUBANG.P residen Joko Widodo (Jokowi) mengikuti panen raya padi di Kabupaten Subang, Jawa Barat, Minggu (8/10/2023) pagi.

Jokowi mengatakan siklus panen raya tanaman padi yang kini berlangsung di sejumlah areal persawahan di Jawa Barat (Jabar) menambah cadangan beras nasional. Terlebih kini Indonesia tengah dilanda fenomena El Nino.

“Ya ini memang dalam satu tahun di semester pertama itu memang biasanya panennya tinggi, karena panen besar biasanya di bulan-bulan Maret-April yang tinggi,” kata Presiden Jokowi dalam kunjungannya didampingi Bupati Subang H.Ruhimat dan Ketua KTNA Jabar H.Otong Wiranta.

Panen raya yang kini berlangsung di Desa Ciasem Girang, Kecamatan Ciasem, Kabupaten Subang itu, kata Presiden, berlangsung di tengah penurunan volume panen raya pada semester kedua tahun ini. Presiden pun senang menyaksikan hasil panen raya padi mencapai total 9 ton/hektare di lokasi itu.

“Bisa 9 ton, memang padat sekali saya lihat dan kita harapkan dari panen-panen inilah pasokan beras bisa menambah cadangan kita,” ujar Jokowi.

Ia mengatakan pasokan beras dari Subang akan menambah persediaan beras nasional yang kini tersimpan sekitar 1,7 juta ton di gudang Badan Urusan Logistik (Bulog). Jokowi memperkirakan persediaan beras nasional akan kembali bertambah pada kisaran angka 1,5 juta ton sampai akhir 2023.

“Tapi memang masih kurang, sehingga dari stok yang ada di Bulog saat ini 1,7 juta ton, masih menambah lagi, sampai akhir tahun kira-kira 1,5 juta ton,” imbuhnya.

Dalam kesempatan itu Presiden Jokowi menyinggung pengaruh fenomena El Nino pada hasil panen dan produksi beras nasional yang mengalami penurunan volume.

“Problem itu (El Nino). Oleh sebab itu, kenapa kita tambah 1,5 juta ton cadangan kita, karena El Nino apa pun memberikan pengaruh kepada produksi, memberikan pengaruh kepada hasil panen yang ada,” jelas Presiden.

Jokowi berharap panen raya di Kabupaten Subang juga diikuti oleh areal persawahan lainnya di Jawa Barat. Salah satunya di Kabupaten Indramayu sebagai salah satu lumbung padi di Jawa Barat.

“Ya ini di Kabupaten Subang bagus. Mungkin minggu depan saya mau lihat di Indramayu,”pungkasnya. (admin)

artikel telah tayang di lampusatu.com

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Artikel Terbaru

spot_img

baca juga