Rabu, 24 April, 2024

Artikel Terbaru

PANEN RAYA PADI TEKHNOLOGI DIGITAL FARMING DI PROKLIM LESTARI MUKTI JAYA

ktnanasional – RIAU Rokan Hilir.  Kepenghuluan Mukti Jaya Kecamatan Rimba Melintang Kabupaten Rokan Hilir menjadi salah satu Kepenghuluan yang mendapat binaan dari Bank Indonesia (BI) Riau, Binaan ini dimulai pada tahun 2021, saat itu BI Riau membantu Alat Mesin Pertanian (Alsintan) dengan berbagai jenis seperti: Combine Harvester, Power Thraser, Cultivator, Pompa air, dan beberapa jenis peralatan lainnya.

Kemudian di tahun 2023 BI kembali membantu alat digital farming, alat tersebut terdiri dari Rapid Soil Check (RSC) dan Climate Station. Kedua alat ini sangat berfungsi bagi petani terutama RSC dengan ini yg dapat merekomendasikan penggunaan pupuk secara detail, sehingga petani tepat dalam pemberian pupuk sesuai yg dibutuhkan oleh tanaman. Apabila pupuk yg diberikan sesuai dengan kebutuhan tanaman maka produksi tentunya akan meningkat. Kemudian Climate Station atau stasiun cuaca berfungsi untuk menginformasikan prediksi cuaca 5 hari kedepan. informasi cuaca ini tentunya akan membantu petani dalam mengambil kebijakan dan tindakan yg akan dilakukan.

BI Riau selain membatu alat mesin pertanian dan digital farming juga tenaga pendamping petani selama 4 bulan untuk demplot budidaya padi dengan tekhnologi digital. Demplot yg berukuran 2500 M3 itu ternyata mendapatkan hasil yang sangat luar biasa yaitu 9 ton per hektar. Sementara hasil rata-rata produksi padi di Mukti Jaya adalah 7,5 ton per hektar. Dengan tekhnologi digital farming ini menambah hasil sebanyak 1,5 ton per hektar. Artinya teknologi digital farming ini bisa diterapkan di Mukti Jaya khususnya dan Kabupaten Rokan Hilir pada umumnya.

Hadir dalam acara Panen Raya Padi Demplot Digital Farming Kepala BI Riau  Panji Ahmad, Kepala Balai Sertifikasi Benih Riau  Muhammad Kamsi, Asisten II Pemda Rohil  Rahmatul, Pasiter Kodim 032 Rohil, Kapolres Rohil diwakili oleh Kapolsek Rimba Melintang, Kadis Perindag Rohil, Camat Rimba Melintang, PJ Penghulu se Kec Rimba Melintang. (as)

Alkahfi Sutikno, ketua KTNA Kabupaten Rokan Hilir

spot_img

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Artikel Terbaru

baca juga