Jumat, 19 April, 2024

Artikel Terbaru

Panitia Pelaksana Menyediakan Hanya 20.000 Tempat Duduk Bagi Peserta Penas XVI Padang

ktnanasional.com – SUMBAR Padang.  Pada hari Rabu 8 Maret 2023 telah berlangsung pertemuan ketua umum KTNA Nasional M. Yadi Sofyan Noor dengan Hansastri Sekretaris Daerah provinsi Sumatera Barat. Turut mendampingi Bustanul Arifin Cahya Kepala Pusat Penyuluhan (Kapusluh) Kementan RI beserta jajarannya. Turut hadir H. Kusyanto Sekjen KTNA Nasional, Pengurus KTNA Nasional dan Asnal Zakri Ketua KTNA Sumatera Barat.

Sehubungan dengan Penas XVI Padang yang akan berlangsung 10-15 Juni 2023, ketua umum KTNA Nasional menyampaikan beberapa skala prioritas yang perlu segera ditindaklanjuti oleh panitia pelaksana provinsi Sumatera Barat dan Kota Padang. Sesuai dengan hasil Rapat Bidang VI yang membidangi Upacara dan Apresiasi, hanya tersedia 7.800 tempat duduk dengan perincian 3.000 untuk tuan rumah dan 4.800 kursi untuk peserta yang dapat tempat duduk di upacara pembukaan, sementara jumlah peserta diperkirakan 40.000 orang yang datang dari seluruh Indonesia.

Hal senada disampaikan oleh Bustanul Arifin Cahya, karena acara PENAS selalu dihadiri dan dibuka oleh Presiden RI, perlu menjadi perhatian mengenai tempat duduk peserta pada saat upacara pembukaan. Dari perkiraan 40.000 orang yang akan hadir di acara pembukaan Penas sementara tempat yang disediakan panitia pelaksana hanya 7.800. Tentu ini akan menjadi masalah untuk membagi kuota masing masing provinsi yang akan menghadiri acara pembukaan.

Sementara untuk Bidang IV, Pengembangan Teknologi dan Kualitas Produksi Agribisnis, disampaikan oleh Sofyan agar Dinas serta instansi teknis provinsi Sumatera Barat yang terkait dengan pelaksanaan Gelar Teknologi (GEKTEK) untuk segera memulai kegiatan penanaman dan kegiatan yang berhubungan dengan Gelar Teknologi di lapangan. Serta Penyediaan sarana kelistrikan karena semua yang akan ditampilkan di areal GELTEK membutuhkan listrik. Diperkirakan kebutuhan akan mencapai 150 – 200 Kilowatt mengingat Pabrik Minyak Goreng (Pamigo) serta teknologi “smart farming” yang akan ditampilkan membutuhkan daya listrik yang cukup besar.

“Untuk bidang yang lain semua sudah berjalan, tidak ada hambatan yang berarti”, kata Sofyan.

Sekda Prov. Sumbar Hansastri saat menerima Ketum KTNA dan Kapusluh Kementan RI

Menanggapi permasalahan tempat duduk peserta upacara pembukaan Penas, Sekda Provinsi Sumbar Hansastri mengatakan telah berkoordinasi dengan jajarannya dan telah diputuskan untuk menaikan kapasitas tempat duduk menjadi 20.000. Pemerintah Sumbar yang dalam kepanitiaan menjadi panitia pelaksana akan menyiapkan sejumlah toilet mobile di arena pelaksanaan Penas.

Setelah pertemuan dengan jajaran Sekda Provinsi Sumbar, dilanjutkan audensi dengan Wakil Gubernur Sumatera Barat Audy Joinaldy.  Pemprov akan berusaha semaksimal mungkin agar Penas berjalan sukses, untuk itu diharapkan dukungan dari pemerintah pusat terutama pendanaan.  Sejauh ini persiapan berjalan sesuai harapan. Tahun ini merupakan tahun kalender pariwisata Pemprov Sumbar, sehingga untuk tempat wisata akan dikordinasikan dengan dinas terkait agar tidak menumpuk disatu titik.

Kami memerlukan  jumlah fix peserta Penas,  karena ini berkaitan langsung dengan Homestay yang harus dipersiapkan, kapasitas hotel serta sarana transportasi. Informasi jalur kedatangan peserta karena diperkirakan akan banyak peserta dari provinsi tetangga yang akan menggunakan sarana transportasi darat untuk menuju kota Padang, untuk mengatur lalu lintas supaya tidak terjadi kemacetan.

“Pemerintah Provinsi dan KTNA Sumatera Barat siap mensukseskan pelaksanaan Penas XVI”, tegas Wakil Gubernur. (mh)

spot_img

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Artikel Terbaru

Advertisementspot_img

baca juga