Senin, 15 April, 2024

Artikel Terbaru

Pelantikan Pengurus KTNA Sepuluh Kecamatan Jakarta Selatan

ktnanasional.com – DKI Jakarta Selatan. Bertempat di Balai Penyuluhan Pertanian (BPP) Ragunan Pasar Minggu Jakarta selatan, Rabu 11 Januari 2023 telah dilaksanakan Pelantikan Pengurus KTNA 10 Kecamatan untuk masa bhakti 2023 – 2028 yang ada di Jakarta Selatan. Ke sepuluh kecamatan yang dilantik meliputi kecamatan Cilandak, Jagakarsa, Kebayoran Baru, Mampang Prapatan, Pancoran, Pasar Minggu, Pesanggrahan, Setiabudi dan Tebet.

Selaku ketua panitia pelantikan Lasmi mengatakan kegiatan ini dapat terselenggara karena kerja bareng antara KTNA Kota administratif Jakarta Selatan dengan Suku Dinas Ketahanan Pangan Kelautan dan Perikanan (KPKP) serta BPP Ragunan. “Setiap KTNA Kecamatan dihadiri perwakilan pengurus 3 (tiga) orang dan di damping oleh Penyuluh masing masing kecamatan, hadir juga pengurus KTNA Jakarta Selatan, perwakilan dari pengurus KTNA DKI dan dari Sudin KPKP juga hadir”, kata Lasmi.

Penyerahan Pataka KTNA Kepada Salah Satu Ketua KTNA Kecamatan Yang Mewakili
Penyerahan Pataka KTNA Kepada Salah Satu Ketua KTNA Kecamatan Yang Mewakili

 

Prosesi pelantikan dilakukan langsung oleh ketua KTNA Jakarta Selatan Sakinah Sapon, setelah pelantikan dilanjutkan dengan penyerahan pataka KTNA yang diterima oleh salah satu ketua kecamatan yang mewakili. Dalam sambutan singkatnya ketua KTNA Jakarta selatan menyampaikan kedepan ditahun 2023 akan ada gawe besar KTNA Nasional yaitu PENAS XVI Padang Sumbar. Sapon juga berharap agar kepengurusan yang telah dilantik segera bekerja dan kerkolaborasi dengan mitra kerja nya di masing masing kecamatan.

Nurul Mardiah yang mewakili sudin KPKP Jakarta Selatan menyampaikan permohonan maaf karena Kasudin KPKP Hasudungan A. Sidabalok yang seharusnya hadir, mendadak harus menghadiri panggilan rapat walikota Jakarta Selatan. Dalam sambutannya kasudin KPKP menyampaikan, Seiring  dengan kemajuan teknologi dan pengembangan pertanian menjadikan sektor pertanian merupakan salah satu sektor yang menjanjikan DKI Jakarta khususnya wilayah Jakarta Selatan, yang menjadikan sektor pertanian menjadi sangat strategis bagi masyarakat untuk meningkatkan kesejahteraan dan juga menjaga ketahanan pangan.

Upaya peningkatan kesejahteraan petani hanya dapat dilakukan apabila petani memiliki posisi yang kuat dalam proses penetapan kebijakan pembangunan. Untuk itu petani harus mempunyai wadah, kekuatan bersama yang mapan salah satunya adalah KTNA. Fungsi dari KTNA sebagaimana bapak dan Ibu ketahui merupakan wadah musyawarah petani nelayan dan sebagai mitra pemerintah dalam pembangunan pertanian.

Sesuai dengan fungsi yang diarahkan untuk mampu berperan meningkatkan dan mengembangkan kemampuan para anggotanya, dalam melaksanakan kegiatan kelompok KTNA yang antara lain adalah menyampaikan aspirasi petani dan nelayan pada pemerintah serta untuk  memperoleh kebijakan pemerintah

Mewakili dari SUDIN KPKP Nurul Mardiah didampingi Ketua KTNA Jaksel Sakinah Sapon
Mewakili dari SUDIN KPKP Nurul Mardiah didampingi Ketua KTNA Jaksel Sakinah Sapon

 

Menyiapkan kader-kader kontak Tani nelayan adalah tugas-tugas dari KTNA, kemudian peningkatan dan fungsi peranan itu bisa dilaksanakan apabila kepengurusan yang kuat dengan orang-orang yang kompeten dan berdedikasi tinggi sampai dengan tingkat kecamatan. Jadi kenapa ada pelantikan pengurus kecamatan, supaya ada orang-orang perwakilan KTNA di tingkat kecamatan sehingga kegiatan bisa berjalan dengan lebih baik lagi.  Dengan adanya kegiatan pengukuhan/pelantikan  ini kami berharap agar para pengurus yang dilantik dan dikukuhkan  pada hari ini nantinya dapat bersinergi lebih baik lagi dalam meningkatkan kapasitas kepengurusan kelembagaan tani dan nelayan.

Penyerahan SK KTNA Kecamatan Kepada Pengurus KTNA Kecamatan
Penyerahan SK KTNA Kecamatan Kepada Pengurus KTNA Kecamatan

 

Dan hendaknya para pengurus berperan lebih aktif lagi dan sehingga program-program pemerintah akan lebih mudah diserap secara efektif pada tahun 2023 ini.  DKI Jakarta khusus Jakarta Selatan memiliki beberapa program untuk peningkatan pertanian dan juga penyuluhan seperti pelatihan-pelatihan di tahun 2023 ini. “Pengembangan pertanian kota (urban farming), diversifikasi produk olahan hasil pertanian serta bantuan bantuan seperti bibit tanaman dan sarana pertanian, harus bisa kita sukseskan bersama pelaksanaannya dilapangan”, demikian sambutan Kasudin KPKP yang dibacakan oleh Nurul.

Acara ditutup dengan pembacaan doa dan makan bersama, hari ini bu Hendro ketua KTNA Kecamatan Pasar Minggu Jakarta Selatan beserta tim nya menyajikan kuliner Soto Betawi  di penghujung acara. (mh)

spot_img

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Artikel Terbaru

Advertisementspot_img

baca juga