Sabtu, 24 Februari, 2024

Artikel Terbaru

Pembukaan Penas KTNA XVI 2023 di Pangkalan TNI AU Sutan Sjahrir, Kolonel Nav.Saeful Rakhmat Sangat Bangga

ktnanasional.com SUMBAR-Padang, Pekan Nasional Petani-Nelayan (Penas KTNA) XVI 2023 kembali digelar. Kali ini dilaksanakan di Sumatra Barat, tepatnya di Pangkalan TNI Angkatan Udara Sutan Sjahrir, Padang, Sabtu (10/6/2023).

Komandan Lanud Sutan Sjahrir, Kolonel Nav Saeful Rakhmat sangat bangga karena Lanud Sutan Sjahrir mendapat kesempatan menjadi tuan rumah pagelaran besar nasional yang dihadiri kurang lebih 3.500 petani dan nelayan dari berbagai wilayah di Indonesia.

Pembukaan Penas KTNA XVI 2023 ini bertemakan “Memantapkan Penguatan Potensi dan Posisi Tawar Komoditi Lokal untuk Mewujudkan Kemandirian Pangan Berkelanjutan Menuju Indonesia Lumbung Pangan Dunia 2045”.

Adapun rangkaian pembukaan Penas KTNA XVI dimeriahkan oleh penampilan drumband dari taruna/taruni peserta Latsitardanus XLIII. Dilanjutkan dengan

performance tari massal yang bertajuk “Tari Manaruko Lumbung.” Manaruko adalah proses perjalanan nenek moyang suku bangsa Indonesia di berbagai pulau di nusantara, nenek moyang datang melalui laut dan sungai kemudian naik ke daratan untuk membuka lahan bertani dan beternak sebagai petani dan nelayan.

Gubernur Sumbar, Mahyeldi Ansharullah memberikan apresiasi setinggi-tingginya kepada TNI Angkatan Udara Khususnya kepada Danlanud Sutan Sjahrir, Kolonel Nav Saeful Rakhmat karena sudah bersedia memberikan tempat dan menyukseskan pelaksanaan Penas KTNA XVI di Provinsi Sumbar.

Dipimpin Presiden RI Ir. H. Joko Widodo diwakili Menteri Koordinator Bidang Perekonomian RI, Dr. Ir. Airlangga Hartarto, M.B.A., M.M.T., IPU, serta dihadiri tokoh-tokoh penting seperti Menteri Pertanian, Gubernur Sumbar beserta Gubernur se-Indonesia, bupati dan wali kota se-Kab/Kota Prov. Sumbar, Danjen Akademi TNI, Danrem 032/WBR, Danlantamal II Padang, Kapolda Sumbar, dan unsur Forkopimda Sumbar.

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian RI, Dr. Ir. Airlangga Hartarto, M.B.A., M.M.T., IPU secara virtual membuka kegiatan Penas Tani XVI/2023 secara resmi dan menyampaikan sambutan Presiden RI Joko Widodo. “Izinkan saya menyampaikan permohonan maaf Presiden RI belum bisa hadir dalam kegiatan yang berbahagia ini, maka dari itu izinkan saya menyampaikan sambutan Presiden RI, Kita patut bangga kepada petani nelayan andalan yang telah melaksanakan Penas Tani XVI/2023″katanya.

Ucapan terimakasih dan penghargaan kepada masyarakat Sumatera Barat yang telah bersedia menjadi tuan rumah melaksanakan kegiatan Penas Tani XVI/2023.Dengan mengucapkan Bismillah pada hari ini Sabtu tanggal 10 Juni 2023 atas nama Presiden RI Penas XVI/2023 saya nyatakan dibuka.” Dilanjutkan dengan pemukulan gendang tabua oleh Menteri Pertanian RI, Dr. H. Syahrul Yasin Limpo, S.H., M.Si., M.H didampingi oleh Gubernur Provinsi Sumatera Barat H. Mahyeldi Ansharullah, S.P dan Ketua KTNA Provinsi Sumatera Barat Ir. Aznal Zakri, untuk menyatakan pembukaan Penas Tani XVI/2023.

Dilanjutkan penyerahan dan penyematan penghargaan Satya lencana Nara Katya dan Satya Lencana Pembangunan Menteri Pertanian RI kepada perwakilan Gubernur dan Wagub serta Walikota se-Indonesia.

 

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Artikel Terbaru

spot_img

baca juga