Minggu, 21 April, 2024

Artikel Terbaru

Pemkab Kediri jadikan sektor pertanian prioritas 2024

ktnanasional – JAWA TIMUR, KEDIRI. Pemerintah Kabupaten Kediri menjadikan sektor pertanian sebagai prioritas di 2024 dengan fokus perbaikan fasilitas pertanian.

Bupati Kediri Hanindhito Himawan Pramana mengemukakan Kediri adalah daerah yang agraris.

Hal ini sebagaimana isi dalam Prasasti Harinjing yang diceritakan bagaimana Bhagawanta Bari melakukan inovasi dengan membangun sudetan atau percabangan Sungai Harinjing.

Selain mengatasi banjir, pembuatan sudetan itu juga dimanfaatkan untuk pertanian.

“Perayaan hari jadi ini (momentum) mengingat kembali bagaimana dulu Sang Bhagawanta Bari menjadikan Kediri sebagai sebuah daerah yang agraris,” katanya dalam rangkaian peringatan Hari Jadi ke-1.220 Kabupaten Kediri di Pendopo Panjalu Jayati, Kediri, Senin petang.

Ia berharap sektor pertanian di Kabupaten Kediri bisa lebih maju lagi. Apalagi, potensi pertanian di kabupaten ini juga cukup besar. Bahkan, kabupaten ini menjadi salah satu daerah penghasil sayuran tertinggi di Jawa Timur.

Untuk itu, dirinya ingin menjadikan sektor pertanian sebagai salah satu program prioritas Pemerintah Kabupaten Kediri, termasuk pada tahun 2024.

“Kembali kepada masa kejayaan Kediri, harapannya masa itu bisa terulang kembali. Untuk itu, di perayaan HUT ini kami mengusung tema ‘Parartha Jayati’, artinya Kediri sejahtera dan mulia,” kata dia.

Ia berharap ke depan indeks pertumbuhan ekonomi di Kabupaten Kediri menguat, inflasi terkendali, kebutuhan pokok harganya stabil. Selain itu, petani, buruh tani kesejahteraannya semakin meningkat.

Pemkab Kediri juga sudah koordinasi dengan jajaran PLN UP3 (Unit Pelaksana Pelayanan Pelanggan) Kediri dalam program pengembangan listrik masuk sawah. Karena, saat memasuki kemarau, kebutuhan air untuk pertanian sangat tinggi. Melalui program listrik masuk sawah itu, peran PLN sangat dinantikan.

Program ketahanan pangan saat ini memang menjadi fokus dari pemerintah kabupaten, sehingga sangat tepat dengan program listrik masuk sawah itu.

“Kabupaten Kediri hari ini sedang berupaya menjaga ketahanan pangan. Walaupun bicara ketahanan pangan ini mata rantainya panjang sekali dan salah satunya PLN memiliki bagian sangat krusial,” katanya.

Menurut dia, dukungan PLN dalam program listrik masuk sawah tersebut bisa dilakukan dengan percepatan pemasangan jaringan baru, keringanan biaya pemasangan dan tarif listrik untuk pertanian.

Hadir dalam rangkaian Hari Jadi ke-1220 Kabupaten Kediri itu, Wakil Bupati Kediri Dewi Mariya Ulfa, Ketua DPRD Kabupaten Kediri, dan tamu undangan lainnya.

Dalam acara sama juga dikenalkan pakaian khas Wastra Kediri. Pakaian khas itu semakin menambah variatif yang dimiliki Kabupaten Kediri.

Pakaian itu motifnya gringsing dan lidah api. Ada juga gunungan berisi hasil bumi dari pertanian di Kabupaten, kemudian dibagikan kepada yang hadir. (admin)

artikel ini telah tayang di antaranews.com

spot_img

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Artikel Terbaru

Advertisementspot_img

baca juga