Rabu, 24 April, 2024

Artikel Terbaru

Pemprov NTT siapkan bantuan sumur bor untuk antisipasi dampak El Nino

ktnanasional.com – KUPANG, Pemerintah Provinsi Nusa Tenggara Timur menyiapkan bantuan pembangunan sumur bor dan mesin pompa air untuk mendukung usaha pertanian yang dilakukan kelompok petani di daerah irigasi potensial yang mengalami krisis air sebagai dampak fenomena El Nino.

“Dampak dari fenomena El Nino akan terasa pada September-Oktober 2023 berupa keterbatasan air untuk usaha pertanian sehingga mengantisipasi hal itu maka Pemprov NTT telah menyiapkan bantuan penanganan darurat berupa bantuan mesin pompa air maupun pembangunan sumur bor untuk daerah pertanian yang potensial,” kata Kepala Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Provinsi NTT Lecky Frederich Koli di Kupang, Senin, (24/7/2023).

Ia mengatakan hal itu terkait antisipasi dilakukan Pemprov NTT terhadap terjadinya kekurangan air untuk usaha pertanian.

Menurut dia  El Nino memiliki dampak yang cukup besar terhadap kegiatan pertanian karena terjadi penurunan debit air sungai serta berkurangnya tinggi muka air waduk dan air tanah.

Menurut dia, penurunan debit air sangat berdampak pada kegiatan usaha pertanian yang dilakukan para petani di provinsi berbasis kepulauan itu terutama pada wilayah yang menjadi sumber hasil pertanian bagi kebutuhan warga.

“Agar aktivitas usaha pertanian dilakukan para petani tetap berjalan dengan baik maka Pemprov NTT sedang melakukan berbagai antisipasi penanganan darurat untuk membantu para petani sehingga kegiatan usaha pertanian tetap dilakukan,” kata Lecky Frederich Koli.

Pemprov NTT, kata dia, membantu pembangunan sumur bor dan mesin pompa air sekitar 50 lebih unit yang disiapkan untuk membantu petani yang mengalami kesulitan air sehingga dapat membantu produktivitas usaha tani di Provinsi NTT.

Ia mengatakan mesin pompa air yang diberikan untuk mengangkat air dari dataran rendah ke atas permukaan sehingga bisa digunakan untuk usaha pertanian oleh para petani. (admin)

Artikel telah tayang di antarnews.com

spot_img

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Artikel Terbaru

baca juga