Senin, 15 April, 2024

Artikel Terbaru

Pendaftaran Petani Milenial 2023 Dibuka, Ini Jadwal dan Persyaratannya

ktnanasional.com – JAWA BARAT, BANDUNG. Program Petani Milenial Jawa Barat kembali dibuka. Program yang diinisiasi oleh Ridwan Kamil ini telah memasuki tahun ketiga. Kalau kamu tertarik untuk memulai usaha di bidang pertanian, program ini cocok untuk diikuti.

Program ini bisa menjadi wadah untuk mengembangkan wirausaha tani Jawa Barat, yang seperti namanya, melibatkan petani-petani muda (milenial) di bidang pertanian, peternakan, perikanan, perkebunan, kehutanan, dan lainnya.

Dengan slogan “Tinggal di Desa, Rezeki Kota, Bisnis Mendunia”, Program Petani Millennial memiliki tujuan untuk mendorong regenerasi tenaga kerja di sektor pertanian Jawa Barat, dan menciptakan ekosistem pertanian yang mandiri, maju, dan berkelanjutan.

Melalui program ini, kamu akan menjalani kegiatan pemberdayaan petani. Di antaranya pelatihan, pemagangan, pemberian akses pasar, akses teknologi, akses kelembagaan, akses sarana dan prasarana produksi/pasca-produksi, asuransi, akses lahan. Tak ketinggalan, peserta akan mendapatkan sertifikasi/legalitas usaha dan produk.

Sebelum mendaftar, kamu harus memastikan bahwa kamu masuk ke dalam kriteria persyaratan yang ditentukan. Program ini terbuka untuk masyarakat dengan KTP dan domisili Jawa Barat yang berada di rentang usia 19-39 tahun.

Kamu yang berada di bawah batas usia tetap bisa mendaftarkan diri dengan syarat terdaftar sebagai siswa atau lulusan SMK program pertanian, perikanan, dan kehutanan. Pastikan juga bahwa kamu tidak dalam kontrak kerja di manapun saat ini.

Memasuki tahun ketiga, program ini memiliki 8000 peserta, 5.344 diantaranya sudah resmi menjadi Petani Millennial Jawa Barat. Jika kamu berminat menjadi bagian dari mereka, kamu bisa mendaftarkan diri melalui situs resmi Petani Millennial di https://petanimilenial.jabarprov.go.id hingga akhir September.

Pendaftaran dapat dilakukan dengan mengklik Daftar Akun pada dashboard Petani Millennial. Selanjutnya, isi formulir pendaftaran dengan tepat dan benar. Pastikan NIK ditulis dengan tepat untuk menghindari risiko gagal mendaftar. Selanjutnya, kamu bisa memilih minat. Daftar minat yang dapat dipilih bisa dilihat di kolom Data Komoditas.

Setelah terdaftar, kamu bisa melengkapi data yang diperlukan, termasuk di antaranya identitas diri dan berkas yang diwajibkan. Berkas tersebut meliputi foto KTP diri, foto NPWP, surat pernyataan, foto KK, dan foto surat/buku nikah. Ada pula data aset dan usaha, serta data pendanaan yang harus diisi. Simpan isian data, dan kamu bisa menunggu pengumuman.

Seluruh data dan berkas pendaftar kemudian akan diverifikasi dan diperiksa kebenaran dan kelengkapannya. Proses verifikasi dan seleksi ini akan berlangsung pada 1 Oktober hingga 14 Desember 2023. Kamu bisa mendapatkan hasilnya pada 15 Desember 2023.

Program Petani Milenial ini adalah hasil kolaborasi antara Biro Perekonomian Jabar, Dinas Perkebunan Jabar, Dinas Kehutanan Jabar, Dinas Koperasi dan Usaha Kecil Jabar, Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Jabar, Dinas Kelautan dan Perikanan Jabar, Dinas Perindustrian dan Perdagangan Jabar, Dinas Ketahanan Pangan dan Peternakan, Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah Jabar, PT Agro Jabar, Dinas Tanaman Pangan dan Hortikultura Jabar, Dinas Komunikasi dan Informasi Jabar, Badan Pendapatan Daerah Jabar, Perhutani, Pelayanan Digital dan Inovasi Jabar, PT Perkebunan Nusantara VIII, dan Bank Indonesia. Program ini juga didukung oleh Bank BJB. (admin)

 

 

spot_img

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Artikel Terbaru

Advertisementspot_img

baca juga