Senin, 15 April, 2024

Artikel Terbaru

Pengambengan sebagai Pusat Perikanan Bali Bertaraf Internasional untuk Jembrana Emas 2026

ktnanasional.com – BALI BARAT. Kabupaten Jembrana sebagai daerah dengan hasil laut terbesar di Bali, menjadi lokasi dibangunnya Pusat Perikanan Bali bertaraf internasional.

Pembangunan oleh pemerintah pusat melalui Kementerian Kelautan dan Perikanan dianggarkan Rp 891 Miliar.

Karena sebagai pusat perikanan Bali, maka nantinya aktivitas nelayan di Pelabuhan Benoa akan dipindah ke Pengambengan. Sehingga, dengan penambahan jumlah kapal, maka akan semakin banyak lapangan pekerjaan.

Berdasarkan data dari kementerian Estimasi mampu menyerap hingga 55.000 tenaga kerja. Selain itu , produksi ikan yang awalnya hanya 12 ribu ton akan meningkat mencapai 80 ribu ton dengan nilai produksi Rp 3,2 triliun.

Sehingga, dengan meningkatnya produksi perikanan akan menambahkan pendapatan asli daerah (PAD) Jembrana.

Selain itu, dengan pembangunan pusat perikanan  Bali di Desa Pengambengan, produksi perikanan tidak hanya komoditi lemuru, tetapi akan ada komoditi ikan jenis lain hasil tangkapan nelayan akan diekspor.

Menteri Kelautan dan Perikanan Sakti Wahyu Trenggono dalam kesempatan kunjungan kerja ke Jembrana, didampingi Bupati Jembrana I Nengah Tamba, salah satunya membahas mengenai pembangunan pusat perikanan Bali di Pengambengan ini.

Bupati berharap dengan pembangunan pusat perikanan Bali ini, bisa mewujudkan Jembrana Emas 2026. (admin)

Artikel telah tayang di radarbali.jawapos.com 

spot_img

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Artikel Terbaru

Advertisementspot_img

baca juga