Rabu, 24 April, 2024

Artikel Terbaru

Pengukuhan Pengurus KTNA Kota Jogjakarta Masa Bhakti 2022-2027

ktnanasional.com – DIY Yogyakarta. Pemerintah Kota Yogyakarta melalui Dinas Pertanian dan Pangan melaksanakan Pengukuhan Kontak Tani Nelayan Andalan (KTNA) masa bhakti 2022 – 2027 yang dilaksanakan di Ruang Anggrek BBI Nitikan Kota Yogyakarta. Acara Pengukuhan KTNA ini dihadiri oleh Ketua KTNA Propinsi DIY, Kepala Dinas Pertanian dan Pangan Kota Yogyakarta beserta jajarannya dan seluruh Pengurus Kontak Tani Nelayan Andalan (KTNA) Kota Yogyakarta Jumat, 6 Januari 2022.

Tujuan terbentuknya KTNA ini untuk membantu Pemerintah Kota Yogyakarta dalam program pembangunan pertanian baik pada sektor tanaman pangan dan hortikultura, perkebunan, peternakan maupun perikanan demi meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Ketua KTNA DIY Sakiman HW setelah melantik Pengurus KTNA yang baru, menyampaikan bahwa Kontak Tani Nelayan Andalan (KTNA) adalah sebuah lembaga independen yang berorientasi pada kegiatan sosial dengan berfokus pada pemberdayaan di sektor hortikultura, dalam mewujudkan masyarakat yang berdaya dan berhasil guna. KTNA tidak berjalan sendiri namun diperlukan keterpaduan antar usaha tani dan nelayan, Dinas terkait dan masyarakat tentunya dalam mewujudkan visi, misi dan tujuannya. Petani jaman sekarang bukan seperti petani yang nyangkul di sawah, ngluku dan nandur namun berkembangnya teknologi petani sekarang adalah petani berdasi, petani milenial yang akan mewadahi petani dengan memanfaatkan IT baik dalam produksi, akses permodalan sampai pada pemasarannya dan sebagainya.

“Selamat kepada pengurus yang baru dikukuhkan, dengan harapan kepengurusan yang baru ini dapat mengemban amanah dan bekerja dengan baik serta dapat bersinergi dalam mengelola KTNA demi kemajuan pertanian secara luas. Terimakasih atas sumbang sih dari kepengurusan yang lama bersama ibu Atik sehingga KTNA Kota Yogyakarta bisa berjalan dan berkontribusi sampai hari ini dan akan dilanjutkan oleh kepengurusan yang baru. Masih mohon bimbingan dan pendampingannya dalam menjalankan program dan kegiatan selama periode berjalan.” Kata Sakiman.

Kepala Dinas Pertanian dan Pangan Kota Yogyakarta,  Suyana berharap pengurus KTNA Kota Yogyakarta yang baru saja dikukuhkan dapat menjadi mitra kerja pemerintah dalam melakukan pengembangan pemberdayaan pertanian di wilayah Kota Yogyakarta dan sekitarnya.

Selain itu, KTNA juga diharapkan bisa mengadvokasi kegiatan-kegiatan pertanian secara keseluruhan. Termasuk kepada seluruh petani yang ada di kota untuk membantu pemerintah mengubah pola kegiatannya agar menghasilkan sesuatu yang selama ini menjadi andalan bagi petani.

Suyana mengklaim, pihaknya telah melakukan kegiatan yang bersifat pembinaan terhadap petani, berikut lahan-lahan yang sempit di tengah perkotaan agar bisa bermanfaat. “Kita harapkan antara KTNA dan Dinas Pertanian terjalin sinergisitas dalam melakukan pengembangan pertanian, dengan adanya KTNA ini, kita berharap dapat menjadi mitra kerja yang solid”, pungkas Suyana.

Demi kelancaran dan terwujudnya tujuan KTNA, juga memohon ridho Tuhan YME acara Pengukuhan dikuatkan dengan doa bersama yg dipimpin oleh Dwi Darma. Rangkaian acara Pengukuhan Pengurus KTNA ini, diakhiri dengan berjabat tangan tanda selamat dan turut berbahagia sekaligus doa semoga Pengurus baru dapat menjalankan tugas ini dengan baik.

Susunan Pengurus KTNA Kota Yogyakarta masa bhakti 2022-2027 sebagai berikut :

Ketua : Fanni Ariffian (KT. Berdikari, GK)

Wa. Ketua : Antonius  Yoyok  Hartadi (KT.Berkah Tani,TR)

Sekretaris 1 : Indah Laksita Nuryuniarti (Iromedjo)

Sekretaris 2 : Dra. Dwi Yullistari (KWT Edelweiss)

Bendahara 1 : Ir. Endang Dwi Utami (KWT “JOY 13”)

Bendahara 2 : Ermin Rukmiyati (KWT Asoka, Mina Asoka)

BIDANG-BIDANG

  1. Bidang Humas

– Dwi Darma

– Liring (KWT Makmur)

– Siti Farida, SE (KT Welan Asri)

– Sri Suhartini (KWT Shinta Mina)

  1. Bidang Pendidikan, Latihan dan Pengembangan Teknologi

– Daliman (Metaram Cabe)

– Widadi (Surya Tani)

– Eko Sutanto (KT Sumber Asri)

– Widodo (KTD Caping Tani)

– Heri Purnama (KT. Tani Makmur)

  1. Bidang Urban Farming

– Nur Usadaningsih (KWT Nusa Indah)

– Oni Wantara, SE (KT. Naga Asri)

– Dra. Srie Herislina (KT Kencana Asri)

– Sri Legati (KT Gading Asri)

– Natalita Indriyati (KT. Ben Peni-TR)

  1. Bidang Olahan dan Produksi

– Tolok Triasih (KWT Amarilis)

– Supriyatun (KWT Sido Makmur)

– Siti Fakhiroh (KWT. Harum Manis)

  1. Bidang Taruna Tani/Petani Milenial

– Suwarni (Iromedjo)

– Ahmad Ardan Ardiyanto (Dewaponik)

– Adi Santoso (Dewaponik)

– Feri irawan (Suryo Farm)

– Yanuar Wijayanto (Lumbung Barokah, KT Sedoso)

Diliput dan ditulis : Indrilita & Indah Laksita

spot_img

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Artikel Terbaru

baca juga