Sabtu, 24 Februari, 2024

Artikel Terbaru

Peninjauan Ketum KTNA Nasional ke Lahan GELTEK Penas XVI Padang

ktnanasional.com – SUMBAR Padang.  Hari kedua di kota Padang Sabtu 11 Februari 2023, Ketua Umum KTNA Nasional, M. Yadi Sofyan Noor melakukan peninjauan ke lokasi lahan Gelar dan Temu Teknologi (GELTEK) Penas XVI di Lanud Sutan Sjahrir Tabing kota Padang. Ada dua kegiatan besar yang akan dilaksanakan di lahan seluas 16 Hektar.

Yang pertama Gelar Teknologi, merupakan model budidaya komoditas pangan, hortikultura, perkebunan, peternakan, perikanan dan kehutanan dengan menggunakan Teknologi inovatif.

Kedua adalah Temu Teknologi, merupakan forum pertemuan antara petani-nelayan dengan peneliti, penyuluh dan pejabat fungsional lainnya untuk saling tukar-menukar informasi dan pengalaman mengenai keberhasilan penerapan suatu Teknologi yang ramah lingkungan.

Lahan GELTEK tampak dari Udara (foto istimewa)

Selama peninjauan lapangan, ada beberapa hal penting yang menjadi catatan. Penyiapan lahan GELTEK seluas 16 hektar sampai awal bulan Februari ini belum menunjukkan progress yang menggembirakan. Mengingat pelaksanaan Penas tinggal 4 Bulan lagi, 10-15 Juni 2023. Diharapkan pada saat pembukaan penas semua teknologi inovasi yang ditampilkan sudah bisa running/ dioperasikan, serta komoditi yang ditanam di lahan GELTEK sudah siap untuk dipanen.

Dari lahan GELTEK seluas 16 Hektar telah dibagi, ada dua pembagian lahan, seluas lebih kurang 11 hektar akan dikelola oleh KTNA Nasional dan 5 Hektar akan dikelola oleh Kementerian dan Pemprov Sumatera Barat. Kementerian Pertanian, Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) serta Kelautan dan Perikanan (KKP) akan menampilkan teknologi dan inovasi nya di lahan GELTEK.

Lahan GELTEK dalam Proses Pengerjaan dilihat dari udara (foto istimewa)

Dari pembicaraan via telepon antara Ketua Umum KTNA Nasional M. Yadi Sofyan Noor dan Gubernur Sumatera Barat H. Mahyeldi Ansharullah, S.P. pada saat di lahan GELTEK, disepakati untuk segera mengambil langkah langkah yang dianggap perlu untuk mengejar progres penyiapan dan pembangunan lahan GELTEK, demi suksesnya Penas XVI Petani Nelayan di Kota Padang Sumatera Barat.

Ketum dan Sekjen KTNA Nasional di dampingi Pengurus KTNA Sumbar saat Peninjauan ke lahan GELTEK

Segera setelah kunjungan lapangan Ketum KTNA Nasional melakukan pertemuan dengan Kordinator Bidang IV Choirul Anam yang membidangi Gelar dan Temu Teknologi bersama Ketua KTNA Sumbar, Asnal Zakri yang didampingi oleh sekretaris KTNA Sumbar, Al Najmi M. Gafar. Diputuskan untuk segera membentuk tim kecil untuk mempercepat progres penyiapan lahan terutama yang menjadi tugas KTNA Nasional seluas 11 hektar.

“Tahap awal segera kerjakan land clearing (Pembersihan Lahan) supaya segera nampak tapak lahannya kemudian pilih alat berat dan alsintan yang sesuai untuk mengolah tanah, supaya di awal bulan Maret 2023 lahan sudah siap untuk ditanami”, kata Sofyan.

Diingatkan oleh Sofyan, salah satu kunci keberhasilan Penas XVI adalah kegiatan Gelar dan Temu Teknologi. Karena pada saat pelaksanaan Penas nanti petani nelayan se Indonesia akan berbondong bondong ke lahan Geltek untuk melihat dan mempelajari semua inovasi dan teknologi  yang di tampilkan di lokasi Gelar dan Temu Teknologi.  (mh)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Artikel Terbaru

spot_img

baca juga