Sabtu, 24 Februari, 2024

Artikel Terbaru

Penutupan PEDA KTNA XIII Kalimantan Tengah : Pj Bupati Sukamara Minta Penyuluh Ajak Anak Muda Bertani

ktnanasional – KALIMANTAN TENGAH, SUKAMARA. Penjabat (Pj) Bupati Sukamara, Kaspinor mengharapkan kepada para penyuluh pertanian, perikanan dan peternakan yang baru saja mengikuti kegiatan Pekan Daerah Kontak Tani Nelayan Andalan (PEDA KTNA) XIII Tingkat Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng), untuk dapat menarik minat generasi muda bertani.

Dirinya juga berharap, para penyuluh dapat kembali menggairahkan pertanian yang ada di Provinsi Kalteng.

Saya berharap penyuluh dapat mengairahkan pertanian dan ajak anak-anak muda untuk bertani, jadikan mereka sebagai petani dan nelayan yang tangguh dan andal” ungkapnya, saat menutup kegiatan PEDA KTNA XIII Tingkat Provinsi Kalteng, di Taman Permata Sukma, Jumat, 24 November 2023.

Dalam kesempatan tersebut, dirinya juga meminta penyuluh untuk dapat menyakinkan generasi muda bahwa sektor pertanian merupakan sektor yang sangat menjanjikan dan layak untuk dikembangkan.

“Yakinkan para anak-anak muda bahwa sektor pertanian dan nelayan masih sangat menjanjikan untuk masa depan karena sektor ini yang sanggup bertahan walau diguncang badai krisis sekaligus,” terangnya.

Lebih lanjut Kaspinor menjelaskan, jika hal itu terbukti pada saat terjadi pandemi covid-19 awal tahun 2020, dimana secara nasional pertumbuhan Pendapatan Domestik Bruto (PDB) menurut Lapangan Usaha Triwulan II 2020 sebesar negatif 4,19 persen.

Sedangkan sektor pertanian tetap mengalami peningkatan sebesar 16,24 persen. Nilai ekspor pertanian mengalami peningkatan sejak tahun 2019 hingga tahun 2022 sebesar 6,79 persen.

Dalam kesempatan itu, Kaspinor mengatakan bahwa saat ini generasi muda harus menjadi bagian dari fokus pembangunan pertanian.

Generasi muda harus didorong agar berminat terjun ke bidang pertanian.

“Keterlibatan kaum milenial di bidang pertanian sangat dibutuhkan agar menjamin keberlanjutan hasil pangan atau pertanian dalam skala luas,” ujarnya.

“Karena keterlibatan kaum milenial dalam bidang pertanian juga dalam upaya mewujudkan ketahanan pangan, kedaulatan dan kemandirian pangan berkelanjutan,” tukasnya.

Daftar Klasemen PEDA KTNA XIII Kalimantan Tengah

Daftar Pemenang Lomba PEDA KTNA XIII Kalimantan Tengah

 

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Artikel Terbaru

spot_img

baca juga