Jumat, 23 Februari, 2024

Artikel Terbaru

Penyuluhan Pertanian Bawang Merah sebagai Komoditas Khas Desa Babakan Pari

ktnanasional.com – BREBES, Kabupaten Brebes, Jawa Tengah merupakan salah satu sentra penghasil bawang merah terbesar di Indonesia, terbukti dengan laju pertumbuhan produksi sebesar 3,8 juta kuintal dengan luas panen 38,9 ribu hektare berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS) tahun 2020. Namun, bagaimana dengan daerah Jawa Barat terkhusus Kabupaten Sukabumi?

Mahasiswa IPB yang melaksanakan KKNT-Inovasi 2023 menemukan potensi besar pertanian bawang merah yang sedang bertumbuh di Desa Babakan Pari, Kecamatan Cidahu, Kabupaten Sukabumi. Pertanian bawang merah yang dirintis ini merupakan hasil kerjasama CSR PT. Aqua Golden Mississippi Mekarsari dengan Kelompok Tani Tunas Harapan. Siapa sangka, bawang merah dapat tumbuh di ketinggian 525mdpl, hal ini yang menjadi pemantik mahasiswa untuk ikut mendampingi para petani dalam proses penanaman hingga akhir.

Menjalankan fungsi mediator dan fasilitator, mahasiswa KKNT-Inovasi IPB di Desa Babakan Pari berkolaborasi dengan BPP Kecamatan Cidahu mengadakan acara penyuluhan pertanian dalam rangka menjawab keamanan pangan di Indonesia. Acara ini dilaksanakan Rabu (12/7) dan dihadiri sebanyak 33 Peserta bertempatan di Saung Tani H. Babas, Desa Babakan Pari, Kecamatan Cidahu, Kabupaten Sukabumi.

Penyuluhan pertanian ini terbilang spesial karena selain membahas soal budidaya bawang merah, para mahasiswa menghadirkan salah satu dosen Sekolah Bisnis IPB University sebagai narasumber untuk membawakan materi pemasaran komoditas pertanian sehingga mampu membantu para petani menjawab persoalan tentang bagaimana, kemana, dan kepada siapa mereka dapat menjual produk hasil bumi.

Para peserta yang ikut tampak antusias sebab penyuluhan pertanian ini menjadi wadah para kelompok tani saling bertukar ilmu, apalagi pertanian bawang merah belum menyebar merata ke masing-masing kelompok tani. Acara ini juga dihadiri oleh Kepala Desa Babakan Pari, Balai Penyuluhan Pertanian Kecamatan Cidahu, dan CSR Aqua Golden Mississippi Mekarsari “Dengan diadakannya Penyuluhan Pertanian ini, harapan saya Desa Babakan Pari mampu menghasilkan komoditas khususnya sendiri sehingga mampu menjadi ciri khas desa. Namun hal ini juga perlu kerjasama antar kelompok tani, agar persebaran baik itu ilmu, alat, dan juga pupuk dapat merata.” Ujar Iwan Gunawan, Kepala Desa Babakan Pari

Para mahasiswa mendapat apresiasi sebesar-besarnya dari CSR PT. Aqua Golden Mississippi Mekarsari, karena turut serta ikut membantu memberikan dampak sosial kepada petani-petani yang ada di Desa Babakan Pari. Penyuluhan pertanian bawang merah ini dapat menjadi gerbang awal bagi para petani untuk saling bertukar ilmu sehingga mampu memproduksi bawang merah secara massal.

Konten ini telah tayang di Kompasiana.com

Kreator: Bella Auliana A

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Artikel Terbaru

spot_img

baca juga