Jumat, 19 April, 2024

Artikel Terbaru

Penyuluhan Pertanian Penting untuk Bangun Produktivitas Petani

ktnanasional – JAKARTA. Penyuluhan pertanian memiliki peran esensial dalam meningkatkan kesadaran dan produktivitas petani. Hal itu disampaikan Ketua Perhimpunan Penyuluhan Pertanian Indonesia, Mulyono Machmur.

“Penyuluhan pertanian boleh dikatakan pendidikan nonformal bagi petani. Termasuk memotivasi dan memecahkan permasalahan mereka,” kata Mulyono dalam perbincangan bersama Pro3 RRI, Minggu (17/3/2024).

Namun diakui Mulyono, peran penyuluh saat ini tidak optimal setelah diberlakukannya Undang-Undang Otonomi Daerah. Sehingga, hal ini menyebabkan demotivasi para penyuluh karena kepastian masa depan mereka tidak jelas.

“Semenjak ada Undang-Undang Nomor 23 tentang otonomi daerah, peran mereka menjadi tidak optimal. Karena mereka menilai tidak ada kepastian,” ucapnya.

Dalam memotivasi para penyuluh, Mulyono mendorong, pengaktifan kembali Undang-Undang Nomor 16 Tahun 2006. Hal ini, mencakup penyuluhan pertanian, perikanan, dan kehutanan untuk memperkuat peran mereka.

Mulyono menekankan, pentingnya kolaborasi antara penyuluh dengan kelembagaan lainnya dalam sistem pertanian. “Penyuluh tidak bisa bekerja sendirian dan membutuhkan dukungan dari berbagai pihak,” ujar Mulyono. (admin)

artikel ini telah tayang di rri.co.id

spot_img

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Artikel Terbaru

Advertisementspot_img

baca juga