Selasa, 27 Februari, 2024

Artikel Terbaru

Percontohan di Jungke Berhasil, Perluasan Mina Padi Berlanjut di 2024

ktnanasional – JAWA TENGAH, KARANG ANYAR. Pertanian mina padi yang diujicoba di Jungke Karanganyar berhasil menghemat ongkos bercocok tanam dan menambah manfaat budidaya ikan nila.

Model pertanian ini akan dikembangkan ke lokasi lebih luas di 2024 mendatang.
Ketua DPRD Provinsi Jawa Tengah Sumanto meminta program mina padi ini bisa dikembangkan di wilayah lain.
Menurutnya program mina padi jauh lebih baik dengan mampu menghasilkan panen meningkat hingga 10 persen lebih.
“Pertanian mina padi sudah digarap di beberapa daerah. Dan Karanganyar pun mulai dilakukan di Jungke dan Jati. Ini harus dikembangkan lagi di wilayah lain,” kata Sumanto saat di Karanganyar, Senin (25/12).
Sumanto mengatakan pertanian mina padi selain menghasilkan panen lebih baik dan sehat, juga mampu menghemat penggunaan pupuk hingga 60 persen.
Belum lagi, petani juga bisa panen padi dan ikan. Dalam setahun petani dapat melakukan panen ikan sebanyak dua kali. Jenis ikan yang ditebar bisa ikan nila sebagaimana dikembangkan di wilayah Jungke dan Jati.
“Modalnya gampang tinggal menyisakan lahan 20 persen dari luas sawah untuk lahan caren/parit. Lalu ditaburi bibir ikan,” kata dia.
Dengan sistem tersebut, Sumanto mengatakan petani tak membutuhkan pupuk urea dan masalah hama tikus bisa teratasi. Sumanto mengharapkan agar petani di Jawa Tengah bisa  menerapkan sistem penanaman padi dengan mina padi.
Sumanto mengatakan melalui mina padi akan meningkatkan produksi ikan secara organik dan ramah lingkungan, baik dari padi yang dihasilkan maupun hasil panen dari ikan.
“Program mina padi ini bisa menambah penghasilan petani hingga puluhan juta per hektar per musim tanam,” katanya.
Selain mina padi, Sumanto juga mendorong petani beralih mengembangkan padi organik sehingga lahan lebih produktif dan menghasilkan pangan yang sehat.
Di tahun 2024, Pemprov akan menambah luasan pertanian mina padi di Karanganyar. (admin)
Artikel ini telah tayang di krjogja.com

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Artikel Terbaru

spot_img

baca juga