Minggu, 21 April, 2024

Artikel Terbaru

PERHIPTANI MENGEMBANGKAN JAGUNG DI SUMSEL POLA KEMITRAAAN BERBASIS KOORPORASI-KOPERASI.

ktnanasional.com – Rabu 21 Desember 2022 Ketua Harian DPP PERHIPTANI,  Fathan A Rasyid Bersama Gubernur Sumatera Selatan Herman Deru, Bupati Ogan Komering Ilir (OKI) Iskandar, Dandim Oki dan Dirut Bank Sumsel-Babel,  Achmad Syamsudin melakukan  penanaman jagung pada lahan petani yang melaksanakan  replanting sawit. Pada tahap awal akan ditanam seluas 1.000 ha dari potensi yang ada10.000 ha di desa Burnai Kecamatan Pedamaran Kabupaten OKI Sumsel.

Program ini merupakan  kerjasama DPW PERHIPTANI Sumatera Selatan, dengan  penyuluh dan Babinsa selaku pedamping petani Sumatera Selatan dengan Bank SumselBabel sebagai penyalur KUR, dan  PT Simco  selaku off taker.

Kerjasama yang berbasis Korporasi-Koperasi ini bisa menjadi contoh untuk dilakukan oleh DPW PERHIPTANI yang wilayah tugasnya sedang melaksanakan replanting tanaman Kelapa Sawit. Lahan sawit dapat dipergunakan untuk menanam jagung selama tanaman replanting nya belum menghasilkan. Mengingat skala penanamannya yang cukup luas maka diperlukan off taker agar petani tidak ragu untuk menanam jagung dilahannya.

Kegiatan ini juga dihadiri para penyuluh, petani, Kepala Dinas  Pertanian Propinsi Sumsel, ketua DPW dan DPD PERHIPTANI se Sumatera selatan,  Babinsa dan Forum Pimpinan Daerah. Sebelum acara penanaman dimulai didahului pengukuhan pengurus  DPD PERHIPTANI Kabupaten OKI oleh Ketua DPW Sumatera Selatan, Listoyo.

Fathan selaku ketua harian DPP PERHIPTANI sangat mengapresiasi kegiatan kolaborasi yang dilakukan oleh DPW PERHIPTANI Provinsi Sumatera Selatan. “ini bisa menjadi motivasi DPW PERHIPTANI Provinsi lainnya untuk mengembangkan tanaman jagung dengan pola ini di lahan replanting sawit rakyat”, katanya. (rf/admin)

Sumber : PERHIPTANI

spot_img

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Artikel Terbaru

Advertisementspot_img

baca juga