Sabtu, 24 Februari, 2024

Artikel Terbaru

Peringati Hari Pangan Sedunia, Penyuluh Pertanian Batang Operasi Pasar Murah dan Baksos

ktnanasional.com – JAWA TENGAH, BATANG. Dalam rangka memperingati Hari Pangan Sedunia dan Hari Tani 2023, Perhimpunan Penyuluh Pertanian Indonesia (Perhiptani) Kabupaten Batang menyelenggarakan Bakti Sosial Penyulih Pertanian dan Gerakan Pasar Murah Serentak atau Operasi Pasar.

Kegiatan yang diadakan di lingkungan Kantor Balai Penyuluh Pertanian Kecamatan Tersono Kabupaten Batang ini dimeriahkan oleh beberapa agenda yang dimulai sejak pagi hari, seperti Senam Sehat Bersama, Gerakan Pangan Murah Serentak atau Operasi Pasar Murah, Display Produk Pertanian, Pemeriksaan Kesehatan, Donor Darah, Penyuluhan Kesehatan Hewan dan Vaksinasi Hewan Kesayangan serta Lomba Kudapan Kelompok Wanita Tani se Kabupaten Batang.

Acara ini bekerja sama dengan Dinas Pangan dan Pertanian, Dinas Kelautan Perikanan Peternakan, Puskesmas Serta Palang Merah Indonesia dan didukung oleh beberapa perusahaan yang ada di wilayah Kabupaten Batang.

Plt. Kepala disparrta bersama asisten ekonomi dan pembangunan didampingi ketua perhiptani mengunjungi stand pameran

Pj. Bupati Kabupaten Batang Dra. Lani Dwi Rejeki, MM, dalam Sambutan yang dibacakan oleh Asisten Perekonomian dan Pembangunan Setda Batang Asri Hermawan, SE, AK, MM. mengucapkan selamat Hari Pangan Sedunia dan Hari Tani Nasional ke 63 Tahun 2023. Peringatan Hari Tani bertujuan untuk mengApresiasi perjuangan golongan petani indonesia untuk itu peringatan Hari Tani Nasional hendaknya menjadi momentum untuk mendorong serta meningkatkan kesejahteraan petani karena pada hakekatnya petani pelaku utama pembangunan di sektor pangan.

Ketua perhiptani menyerahkan bantuan beras

Momen Peringatan Hari Pangan Sedunia yang diperingati pada hari ini 16 Oktober 2023 merupakan momen istimewa bagi kita semua. Sesuai tema Hari Pangan Sedunia Water is life water is food, Air adalah kehidupan air adalah pangan sangat sesuai menggambarkan kondisi situasi pertanian pada saat ini. dalam rangka perubahan iklim berupa elnino ataupun ancaman kekeringan secara nasional yang sangat dirasakan oleh para petani di Indonesia terutama di Batang, maka diperlukan pendekatan petani untuk bijak dalam memakai air saat budidaya padi dan menggunakan pola intermiten yaitu pengairan berselang petani harus kompak dalam mengelola kebutuhan air dengan sistem penjadwalan supaya air tidak mubazir atau hilang percuma untuk itu diperlukan kerja sama yang baik antara dinas terkait serta petugas penyuluh pertanian.

Dalam rangka menstabilkan harga khususnya komunitas bergejolak serta melakukan langkah-langkah stabilitas pasokan dan harga beras ditingkat konsumen di seluruh indonesia sehingga konsumen mendapatkan harga yang wajar ,terjangkau maka diselenggarakan operasi pasar murah secara berkala. Gerakan pangan atau operasi beras secara rutin setiap minggu diwilayah masing-masing baik di pasar tradisional atau di lokasi yang mudah dijangkau oleh masyarakat dan alhamdulilah di kesempatan yang baik ini DPD Perhiptani Kapupaten Batang bersama Dinas Pangan dan Pertanian beserta lintas sektoral yaitu Palang Merah Indonesa Dinas Kelautan Perikanan Peternakan kemudian puskesmas, KTNA, Gapoktan, KWT dapat memperingati dan mengisi moment Hari Pangan Sedunia ini dengan rangkaian kegiatan Bakti Sosial.

Stand Pameran KTNA

Dengan adanya kegiatan ini diharapkan mampu berkontribusi dalam mewujudkan petani sejahtera yang merupakan bagian dari pelayanan kita terhadap masyarakat dan gerakan pangan murah ini dalam rangka stabilitas harga agar tidak terjadi inflasi diluar kewajaran. Kami sangat mengapresiasi kegiatan ini sebagai salah satu wujud aksi nyata para penyuluh pertanian dalam rangka memperingati Hari Pangan Sedunia. Semoga dengan slogan Perhiptani Maju Petani Jaya Penyuluh Sejahtera dapat terwujud.

Plt. Kepala Dinas Pertanian dan Pangan Kabupaten Batang Wahyu Budi Santoso mengatakan bahwa Peringatan Hari Pangan Sedunia dan Hari Tani yang diselenggarakan oleh Perhiptani Batang ini bertepatan dengan Gerakan Pangan Murah secara serentak di Indonesia yang diselenggarankan Badan Pangan Nasional bekerja sama Mendagri, Kementeraian Perdagangan, Kementerian Pertanian menyelenggarakan sehingga moment sangat tepat dan sama tujuannya yaitu untuk menekan laju inflasi secara nasional, khususnya di wilayah kabupaten Batang, ujarnya.

Sementara itu Ariesna Pradana, Ketua DPD Perhiptani Kabupaten Batang mengatakan bahwa acara ini baru pertama kalinya diadakan oleh perhiptani Kabupaten Batang. Pada kesempatan ini kami menyalurkan bantuan beras pada masyarakat kurang mampu melalui kegiatan bakti sosial yang bersumber dari iuran para anggotanya yang saat ini berjumlah 94 orang penyuluh, terang Aris sapaan akrabnya yang juga merupakan pengurus KTNA Kabupaten Batang ini.

Dalam kemeriahan acara tersebut hadir juga Ketua KTNA Kabupaten Batang yang baru terpilih Sulemi. Kami sangat mendukung sekali diadakan kegiatan ini, semoga kedepannya acara ini rutin diadakan setiap tahunnya, bebernya sesaat setelah ikut mendonorkan darahnya pada kegiatan ini. (ah)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Artikel Terbaru

spot_img

baca juga