Sabtu, 24 Februari, 2024

Artikel Terbaru

Pertahankan Produk Pertanian Tetap Tinggi, Petani Kabupaten Kediri Lakukan Gerdal, Ini Jenis Hama Mayoritas Saat Musim Hujan

ktnanasional – JAWA TIMUR, KEDIRI. Pertahankan  produk pertanian tetap tinggi, Dinas Pertanian dan Perkebunan (Dispertabun) Kabupaten Kediri meminta petani memberantas berbagai organisme pengganggu tanaman (OPT) atau hama yang sering merusak tanaman.

Hama tak kenal waktu dalam menyerang berbagai jenis tanaman.

Anang Widodo Kepala Dispertabun Kabupaten Kediri melalui Rini Pudyastuti Kepala Bidang  (Kabid) Pengelolaan Pangan Dispertabun Kabupaten Kediri menjelaskan di musim hujan jenis hama yang sering menyerang tanaman adalah tikus wereng dan OPT lainya.

“Setiap hari ada kelompok tani yang melakukan gerdal. Untuk tikus biasanya dilakukan pengasapan dan gropyokan. Karena untuk menyerang tanaman, tikus paling cepat dan pola menyerang mulai dari pangkal hingga ujung pohon jagung bahkan buahnya habis,” katanya.

Ditambahkan Rini, selain  dirusak tikus, tanaman jagung juga ada hama wereng dan biasa dibalik lipatan daun dan cepat menyerangnya dan dua hari kemudian daun jagung bisa menguning. Untuk tanaman padi lebih sering di serang wereng. Sedangkan  cabai lebih sering diserang virus kuning.
“Karenanya kita minta kelompok tani terap koordinasi dengan Dispertabun Kabupaten Kediri untuk intens adakan gerakan pengendalian (hama) total di lokasi sawah yang diserang hama dan potensi ada persebaran hama. Ini dimaksudkan agar hasil pertanian tetap stabil,” imbuhnya. (admin)
artikel ini telah tayang di koranmemo.com

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Artikel Terbaru

spot_img

baca juga