Kamis, 18 April, 2024

Artikel Terbaru

Pertanian Masih Eksis di DKI, Dr. Muhammad Alwi Mustaha Kepala BSIP Jakarta

ktnanasional.com – Jakarta.  Secara resmi Gebyar Agrostandar BSIP Jakarta di buka oleh Dr. Muhammad Alwi Mustaha kepala Badan Standarisasi Instrumen Pertanian (BSIP) Jakarta, Selasa 19 September 2023. Dalam sambutannya disampaikan BSIP yang dulunya adalah BPTP sejak tanggal 21 September 2022 resmi berubah menjadi BSIP. Kali ini adalah ulang tahun pertama BSIP, nanti tanggal 21 akan dirayakan secara Nasional di Bogor.

Lebih lanjut dikatakan kegiatan kali ini untuk mencari pola yang sesuai untuk dilaksanakan di tahun tahun mendatang, terkait dengan perubahan dari BPTP menjadi BSIP. Perlu dukungan dari semua elemen demi kelangsungan BSIP dimasa mendatang. Hadirnya pertanian diwilayah DKI ini menjadikan sesuatu yang luar biasa, secara ekosistem pertanian dan pohon pohon yang ditanam di wilayah DKI berfungsi sebagai penyerap karbon. Untuk yang dibudidayakan dapat dipanen hasilnya dan hari ini kita bisa melihat produk pertanian dan olahan yang ada di stan bazaar. “Pertanian masih eksis di Jakarta”, kata Alwy.

Sebelumnya ketua panitia penyelenggara, Dyah Pitaloka, M.Si dalam laporannya menyampaikan rangka memperingati HUT BSIP yang pertama.  Rangkaian kegiatan peringatan HUT BSIP yang pertama ini dibingkai dalam tema “Gebyar Agrostandar”.

Pelaksanaan Pekan Gebyar Agrostandar BSIP Jakarta, kami awali dengan pelaksanaan FFGD Identifikasi Kebutuhan Standar Instrumen Pertanian Spesifik Lokasi Hortikultura tanggal 12 September 2023.

Secara resmi kegiatan Gebyar Agrostandar BSIP Jakarta yang dibuka hari ini aka diisi dengan berbagai kegiatan dan akan berlangsung tanggal 19 dan 20 September 2023.

Kegiatan Vaksinasi Rabies bekerjasama dengan Sudin KPKP Jakarta Selatan, Kegiatan Bazar Pangan Murah bekerjasama dengan Sudin KPKP Jakarta Selatan dan Toko Tani Indonesia, Direktorat Jenderal Hortikultura, Kementerian Pertanian.

Bazar Produk Olahan Hasil Pertanian, oleh anggota KTNA dan Binaan JakPreneur Sudin KPKP Jakarta Utara dan Jakarta Timur. Berbagai Rangkaian Kegiatan Pelatihan meliputi: Pelatihan Hidroponik oleh Komunitas IKONIK, Demo pembuatan Biowash dan olahan lidah buaya dari KTNA, Bimtek Pebenihan Alpokat Cipedak, Talkshow Cita Rasa Kopi Nusantara oleh Binaan Dinas KPKP Prov. DKI Jakarta serta Demo Budidaya Tanaman Anggur di Perkotaan oleh Komunitas Anggur Jakarta.

Selama pelaksanaan kegiatan BSIP juga membuka layanan konsultasi agribisnis dan berbagi bibit tanaman secara gratis kepada Masyarakat diantaranya 1000 bibit cabai, 1000 bibit kelor dan 600 bibit bayam brazil.

“Para pengunjung juga dapat mengunjungi dan mempelajari penerapan teknologi budidaya pertanian perkotaan terstandar di Taman Agrostandar BSIP Jakarta”, ujar Dyah.

Ketua KTNA Jakarta Selatan Sakinah Sapon mengatakan sejak masih Bernama BPTP ini sudah menjadi rumah bagi KTNA, hari ini kami bersama KTNA DKI turut berpartisipasi untuk mengisi stan Bazaar yang sudah disediakan serta melakukan pelatinan dan demo tehnologi pertanian.

Hadir dalam kegiatan ini dari perbagai fihak seperti Perbankan, BULOG, Toko Tani dari kementerian, Dinas KPKP Jakarta beserta subdinnya juga Lurah Jati Padang serta pelaku UMKM diwilayah Jakarta. (mh)

spot_img

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Artikel Terbaru

Advertisementspot_img

baca juga