Sabtu, 24 Februari, 2024

Artikel Terbaru

PERTEMUAN POKTAN BAROKAH TANI DESA KEMIRI PANTI DENGAN TEMA MENUJU PERTANIAN ORGANIK

ktnanasional.com – JEMBER, Pada hari Rabu, tanggal 21 Juni 2023, di Kecamatan Panti tepatnya Desa Kemiri, Kelompok Tani Barokah Tani, didampingi Team Penyuluh dan POPT Kec. Panti, diadakan pertemuan yg mengangkat Tema ” MENUJU PERTANIAN ORGANIK” dengan materi disampaikan oleh Narasumber yang sengaja diundang dari Team Asesor Pertanian Organik Fakultas Pertanian Universitas Jember, Bapak Arthur FC Regar. Beliau bersama team mengupas tuntas perihal Sejarah dan Konversi Lahan Pertanian Organik serta Pengelolaan Pengairan.

Pertanian organik sendiri adalah teknik budidaya pertanian yang mengandalkan bahan-bahan alami tanpa menggunakan bahan-bahan kimia sintetis. Tujuan utama pertanian organik adalah menyediakan produk-produk pertanian, terutama bahan pangan yang aman bagi kesehatan produsen dan konsumennya serta tidak merusak lingkungan.

Prinsip-Prinsip Pertanian Organik diantaranya adalah

Menghindari penggunaan benih/bibit hasil rekayasa genetika (GMO = genetically modified organisms), Menghindari penggunaan pestisida kimia sintetis dan Menghindari penggunaan zat pengatur tumbuh (growth regulator) dan pupuk kimia sintetis.

Proses konversi lahan dari pertanian konvensional ke pertanian organik membutuhkan waktu setidaknya 1-3 tahun. Selama masa transisi, produk pertanian yang dihasilkan belum bisa dikatakan organik karena biasanya masih mengandung residu-residu kimia. Hal lain yang harus diperhatikan adalah lingkungan disekitar lahan.

Diharapkan dari kegiatan ini mampu membuka cakrawala pengetahuan petani untuk menata lebih cermat cara berusaha tani dan menghasilkan produk pertanian yg berkualitas. (ppidjember)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Artikel Terbaru

spot_img

baca juga