Selasa, 16 April, 2024

Artikel Terbaru

Petani Cemas, Timbunan Pasir di Lahan Pertanian Akibat Banjir Lahar di Lumajang Ancam Produktivitas Pertanian

ktnanasional.com – LUMAJANG, Lahan pertanian yang tertimbun material vulkanik Semeru menjadi kecemasan sendiri bagi warga terutama para petani.

Lahan pertanian yang tertutup material vulkanik berupa batu dan pasir akan berpotensi mengancam kebutuhan pangan di Kabupaten Lumajang.

“Justru kami khawatir terhadap lahan pertanian yang tertutup pasir yang belum bisa diprediksi berapa luasnya. Otomatis bakal mengurangi produktivitas dan kehidupan petani terdampak,” ungkap Plt. Sekdin DKPP Lumajang, Eko Sugeng Prasetyo pada jatimhariini.co.id, Selasa (11/2023).

Selain lahan pertanian warga, katanya banyak saluran irigasi yang rusak akibat banjir bandang kemarin tentu akan dapat mempengaruhi area lahan pertanian lainya.

Meskipun daerah tersebut tidak terdampak langsung oleh ganasnya luapan sungai yang membawa material vulkanik Semeru kemarin itu, namun imbasnya tetap mengkhawatirkan kelangsungan pertanian.

“Kita ambil gambaran untuk wilayahnya, semisal Kunir, Pasirian, dan Tempeh. Dari beberapa wilayah ini soal saluran air akan menggantungkan dari aliran anak sungai yang kini tertutup pasir yang berada di Pasrujambe,” terangnya.

Ketika ditanya banyaknya luasan lahan pertanian jenis komoditas padi akibat banjir disertai tumpukan pasir dan batu apakah akan mengancam sektor ketahanan pangan di Lumajang,  Eko Sugeng Prasetyo mengaku masih belum bisa memprediksi berapa dari luasan lahan yang rusak akibat bencana alam tersebut.

Eko Sugeng menegaskan perlunya penanganan cepat, yakni terutama pada saluran irigasi untuk segera dibenahi.

“Kalau saluran irigasi tidak dengan segera dibenahi otomatis kemungkinan akan kehilangan ratusan ton dan seribu hektar lahan pertanian yang mengancam produktivitas pangan,” terangnya.

“Tetapi untuk Ketahanan Pangan kita di Kabupaten Lumajang, InsyaAllah tetap aman,” pungkasnya. (jatimhariini)

spot_img

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Artikel Terbaru

Advertisementspot_img

baca juga