Selasa, 16 April, 2024

Artikel Terbaru

Petani Kebumen di HUT ke 78 RI, Terima Bantuan 600 Alat Pertanian dan 747 Ternak

ktnanasional.com – JAWA TENGAH, KEBUMEN. Sebanyak 286 kelompok tani atau gabungan kelompok tani (Kapoktan) di Kabupaten Kebumen mendapat bantuan hibah alat dan mesin pertanian (Alsintan) dari pemerintah. Tak tanggung-tanggung harganya mencapai ratusan juta.

Tobingin, dari Kelompok Tani Makmur, Desa Pakutan Kecamatan Mirit menyampaikan terima kasih kepada Bupati Kebumen atas bantuan yang diberikan. Ia merasa senang dan bahagia mendapat bantuan Combine Harvester seharga Rp500 juta.

“Saya sangat senang, semoga ini bisa bermanfaat untuk kami dalam mengelola pertanian dengan sistem yang modern. Dan semoga hasilnya bisa maksimal, kami semua bisa lebih sejahetara,” ujarnya di Pendopo Kabumian, Kamis (17/8)

Mesin combine ini digunakan untuk panen padi. Selain itu pihaknya juga mendapat satu buah traktor roda dua dari bantuan tersebut. Bantuan tersebut baru pertama kali ia dapatkan.

“Dengan ini kami mengucapkan terima kasih kepada Bupati dan Pemerintah daerah yang telah memfasilitasi bantuan alsintan untuk para petani, sungguh ini sangat membantu untuk kemajuan petani kami,” ucapnya.

Tobingin mengaku belum bisa mengoperasikan batuan combine, ia bersama kelompok tani mesti mendapat pelatihan lebih dulu selama satu minggu dari tim teknis untuk pengoperasiannya. Meski begitu, ia menegaskan tidak akan menjualnya.

“Nggaklah masa dijual, wong kita saja butuh, insya allah kita sebaik mungkin untuk kemajuan dan kemakmuran petani di Pekutan Mirit,” ujarnya.

Diketahui, ratusan petani dan kelompok tani ternak (KTT) mendapat bantuan alsintan dan hewan ternak sapi dan kambing usai mengikuti Upacara peringatan HUT oe-78 RI yang berlangsung di Pendopo Kabumian pada 17 Agustus 2023. Bantuan diserahkan Bupati  Arif Sugiyanto.

Bupati menyatakan, pemberian bantuan tersebut sebagai bentuk komitmen dan kepedulian pemerintah terhadap petani dan peternak. Terlebih di tengah banyak persoalan kelangkaan pupuk, dan juga penyakit hewan menular.

“Hari ini alhamdulillah kita bisa menyerahkan bantuan ratusan Alsintan untuk para Gapoktan dan bantuan ternak untuk KTT yang ada di Kebumen. Seiring kemajuan zaman, para pertani kita memang harus dibekali dengan alat-alat pertanian yang modern, agar hasilnya maksimal,” ujar Bupati.

Bupati menyebut, para petani dan peternak sengaja dihadirkan untuk mengikuti upacara peringatan HUT RI karena kehadiran masyarakat bisa mendorong semangat pemerintah dalam bekerja. Kemudian pemerintah bisa langsung mendengarkan apa yang menjadi keluhan mereka.

“Jadi semangatnya adalah bagaimana petani dan peternak kita bisa maju, bisa sejahtera, hasil petanian dan ternaknya meningkat. Tentu semangat dan perjuangan dari mereka ini yang perlu kita dengar, dan kita perjuangkan, sehingga mengapa kita hadirkan di sini,” jelasnya.

“Saya harap bantuan ini bisa dimanfaatkan sebaik mungkin untuk kemajuan petani dan peternak di Kebumen. Bantuan mesin pertanian untuk petani kita cukup banyak, dan alhamdulillah panen padi kita selalu surplus, ini yang terus kita dorong agar ke depan petani dan peternak kita semakin maju,” ucapnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Pertanian dan Pangan Kabupaten Kebumen Teguh Yuliono menambahkan, bantuan hibah alsintan diserahkan kepada 286 kelompok tani/gapoktan yang berjumah 631 unit.

Sedangkan bantuan hibah hewan ternak diserahkan kepada Kelompok Tani Ternak  sejumlah 747 ekor terdiri dari Sapi 133 ekor; Kambing Jantan 99 eko dan Kambing Betina  515 ekor. (admin)

spot_img

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Artikel Terbaru

Advertisementspot_img

baca juga