Sabtu, 24 Februari, 2024

Artikel Terbaru

Petani-Nelayan se-Soloraya Sepakat Siap Menangkan Prabowo-Gibran

ktnanasional – JAWA TENGAH, SRAGEN. Para petani dan nelayan di Soloraya yang tergabung dalam Relawan Petani dan Nelayan Pro Prabowo-Gibran menyatakan siap memenangkan calon presiden (capres) Prabowo Subianto-calon wakil presiden (cawapres) Gibran Rakabuming Raka di Pemilu 2024. Deklarasi dukungan tersebut dilaksanakan di Rumah Makan Gedang Rojo Bener, Kecamatan Ngrampal, Sragen, Jumat (26/1/2024).

Deklarasi tersebut dihadiri 60 orang dari perwakilan Sragen, Solo, Karanganyar, Sukoharjo, Wonogiri, dan Klaten. Deklarasi itu akan ditindaklanjuti dengan membentuk struktur relawan petani dan nelayan di tingkat kecamatan hingga sampai ke desa/kecamatan.

Koordinator Relawan Petani dan Nelayan Pro Prabowo-Gibran Kabupaten Sragen, Bari, menyatakan para petani dan nelayan di Soloraya kompak dan sepakat mendukung dan siap memenangkan Prabowo-Gibran. Dia menyatakan dari tiga kandidat dalam Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024, hanya pasangan Prabowo-Gibran yang berpengalaman dalam dunia pertanian. Dia menyebut Prabowo itu pernah menjadi Ketua Umum Himpunan Kerukunan Tani Indonesia (HKTI).

“Menurut petani Soloraya, Pak Prabowo sangat paham tentang kesulitan petani. Kalau Indoensia dipimpin Prabowo, kebutuhan pupuk bagi petani akan tercukupi. Sampai saat ini belum kebutuhan pupuk belum terpenuhi, malah kuotanya dikurangi terus sampai sekarang. Rumor yang sudah beredar jatah pupuk bersubsidi setiap hektarnya tinggal 70 kg,” ujar Bari.

Menurut Baru, rumor itu belum dikonfirmasi ke penyuluh pertanian. Dia berharap ke depan kalau Prabowo memimpin Indonesia bisa menjembatani kebutuhan pupuk bagi petani. Selama ini, Bari mengatakan petani menjerit tentang pupuk, tidak hanya di Sragen tetapi di Soloraya atau bahkan di Indonesia.

Bari berkomitmen untuk menindaklanjuti deklarasi itu dengan membentuk struktur di tingkat kecamatan dan desa atau kelurahan. Dia optimistis Prabowo-Gibran jadi karena muncul banyak relawan pendukung Prabowo-Gibran.

Petani Sragen, Joko Supangiyanto, mendukung Prabowo-Gibran karena jalan di wilayah desanya, terutama di Jalur Sumberlawang ke arah Waduk Kedung Ombo akan dibangun Presiden Joko Widodo pada 2024 dengan anggaran Rp24 miliar. Selain itu, Supangiyanto mengatakan pupuk bisa terpenuhi bagi petani karena selama ini jatah pupuk terus berkurang, bahkan tahun ini turun sampai 40%.

“Adanya usulan tambahan anggaran Rp14 triliun bisa memberi angin segar bagi petani karena ada tambahan jatah pupuk bersubsidi bagi petani,” katanya.

Petani Sragen lainnya, Sarwini, juga mendukung Prabowo-Gibran karena suka dengan sosok Prabowo yang berasal dari kalangan TNI. Dia percaya Prabowo sosok yang tegas dan jujur. “Kalau Pak Prabowo jadi, Indonesia lebih maju segalanya. Prabowo materi ga butuh sehingga tidak mungkin korupsi dan akan membawa petani ke depan lebih maju,” kata dia. (admin)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Artikel Terbaru

spot_img

baca juga