Sabtu, 24 Februari, 2024

Artikel Terbaru

Pj Bupati Kolaka Utara Puji Keberhasilan Kelompok Tani Mataiwoi dalam Pengembangan Kakao dengan Teknologi Terbatas

ktnanasional – SULAWESI TENGGARA. Penjabat Bupati Kolaka Utara, dalam kunjungan ke Desa Mataiwoi pada Sabtu, (4/11/23), dengan penuh kagum melihat prestasi yang telah dicapai oleh Kelompok Tani Success Together Mataiwoi dalam upaya pengembangan kakao dengan sumber daya terbatas. Kunjungan ini menyoroti pentingnya penguasaan sektor hulu dan hilir serta pemasaran dalam industri kakao.

Penjabat Bupati melihat upaya nyata kelompok tani di Mataiwoi dalam mengembangkan kakao dengan teknologi yang diciptakan dengan dana yang sangat terbatas. Mereka menggunakan inovasi sederhana seperti penyediaan insektisida dalam botol untuk mengusir hama yang dapat merusak tanaman kakao. Selain itu, kelompok ini telah merancang proses pembungkusan buah kakao dengan cermat, sehingga hasil panen yang diperoleh mencapai tingkat maksimal.

Penjabat Bupati berkomentar, “Jika saya melihat hasil dari perkebunan masyarakat di lahan seluas 3 hektar yang mampu menghasilkan 1.000 kg per minggu, atau sekitar 1,3 ton per bulan, dan dengan harga rata-rata sekitar Rp20.000 per kilogram, maka ini berarti pendapatan mencapai Rp26.000.000 per bulan untuk setiap petani. Dalam satu tahun, ini akan menghasilkan pendapatan sekitar Rp312 juta per bulan untuk satu petani. Ini adalah pencapaian luar biasa.”Katanya.

Selanjutnya, penjabat bupati menyampaikan pentingnya kerja sama dan pengelolaan yang efektif dalam hulu dan hilir produksi kakao. Ini memungkinkan para petani dan pembeli untuk bersama-sama mengatur harga, menciptakan stabilitas ekonomi, dan memastikan masa depan yang cerah untuk industri kakao di daerah ini.

Terkait dengan pendidikan pertanian, penjabat bupati menyoroti upaya untuk mendorong generasi muda agar tertarik dan terlibat dalam sektor pertanian. “Ini mencakup memberikan dukungan kepada anak-anak untuk mengikuti sekolah pertanian dan memastikan sumber daya pertanian yang diperlukan tersedia sehingga generasi kedua pertanian dapat melanjutkan tradisi,”Jelasnya.

Ketua Kelompok Success Together, Syamsuddin S.Ip, dengan bangga menjelaskan bahwa lokasi di Mataiwoi telah menjadi tempat belajar pengolahan kakao dengan teknologi yang telah terbukti berhasil. Kelompok ini membuka diri untuk masyarakat Kolaka Utara yang ingin belajar tentang pengembangan kakao.

Syamsuddin juga menekankan pentingnya diversifikasi tanaman di lokasi tersebut. Selain kakao, mereka telah menggabungkan pohon pelindung dan tanaman buah-buahan lainnya yang dapat memberikan nilai ekonomi tambahan bagi masyarakat Kolaka Utara, sehingga bukan hanya kakao yang menjadi penopang ekonomi saat musim panen berlalu.

Namun, Syamsuddin juga menghadapi kendala. Ia mengungkapkan, “Sarana pendukung menjadi kendala bagi kami, terutama terkait dengan pupuk yang sulit didapatkan tanpa kartu keluarga (KK) dan keanggotaan dalam kelompok tani. Kami juga memerlukan mesin pencacah organik untuk mendapatkan pupuk berkualitas.”Harapnya.

Wakil Ketua DPRD Kolaka Utara, Agusdin S.Kom, memberikan dukungan penuh terhadap upaya kelompok tani Success Together dalam menghidupkan kembali semangat gotong royong dalam pengolahan perkebunan. Ia menganggap bahwa semangat ini yang sebelumnya hilang dapat kembali diperbarui dengan sistem kelompok tani. Agusdin menyebutnya sebagai “sistem gotong royong” yang dulu pernah menjadi kunci sukses dalam pertanian. Pengerjaan kebun dapat dilakukan bersama-sama secara bergiliran, sehingga semangat gotong royong ini dapat tersebar lebih luas.

“Salah satu tantangan kita saat ini adalah kehilangan generasi pertanian, karena banyak generasi muda mengalami kejenuhan dalam sektor pertanian. Teman-teman dari kelompok tani Success Together menjadi motivasi bagi saya untuk kembali menggalakkan sistem gotong royong yang telah hilang. Mereka yang tergabung dalam kelompok ini menjadi virus ke desa-desa lainnya, agar bisa mengadopsi sistem Success together, dari dataran hingga pegunungan, di Kecamatan Watunohu sebelum menjadi perkebunan dikerjakan gotong royong para orang tua kita. Motivasi dan semangat gotong royong yang masyarakat tunjukkan adalah kunci untuk kesuksesan,” ujar Agusdin S.Kom dengan semangat.

Kunjungan ke Desa Mataiwoi dan pengakuan atas prestasi Kelompok Tani Success Together Mataiwoi ini memberikan inspirasi bagi petani dan masyarakat Kolaka Utara untuk terus berupaya dalam mengembangkan sektor pertanian kakao dengan sumber daya terbatas, semangat gotong royong, dan inovasi sederhana yang membawa hasil yang luar biasa. (admin)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Artikel Terbaru

spot_img

baca juga