Sabtu, 24 Februari, 2024

Artikel Terbaru

Pj Gubernur Kaltim minta kepala daerah mengoptimalkan lahan pertanian

ktnanasional – KALIMANTAN TIMUR, KUTAI KARTANEGARA. Provinsi Kaltim memiliki potensi pertanian, tidak hanya di Kabupaten Kutai Kartanegara, tetapi sembilan kabupaten kota lainnya.

Karena itu, Penjabat Gubernur Kaltim Akmal Malik meminta bupati dan walikota bisa mengoptimalkan lahan-lahan pertanian dengan melakukan kolaborasi dan kerjasama ke pihak perusahaaan yang beroperasi di wilayahnya.

“Kuncinya komunikasi, seperti yang telah dilakukan Pak Bupati Edi Damansyah, memiliki komunikasi yang bagus dengan perusahaan, sehingga mereka mau melaksanakan komitmennya untuk mentransformasi lahan eks tambang ke pertanian,” jelas Akmal Malik usai panen Gamas milik kelompok tani Desa Buana Jaya Tenggarong Seberang, Selasa (26/12/2023).

Akmal tidak menampik warga Kaltim harus disyukuri sebab punya sumber daya alam untuk pertambangan, tapi lahan eks tambang bisa dioptimalkan untuk pertanian, peternakan, maupun green house untuk holtikultura.

“Kedepan, Bupati Kutai Kartanegara maupun bupati dan walikota lainnya bisa mengoptimalkan lahan pertanian, sehingga mewujudkan ketahanan pangan di Kaltim,” pesannya.

Bupati Kukar Edi Damansyah menegaskan, Desa Buana Jaya sangat unik karena dikelilingi pertambangan batubara.

“Alhamdulillah produksi dan produktifiitas pertaniannya juga berjalan baik,” ungkap Edi.

Dia pun berterimakasih atas dukungan Pemerintah Provinsi Kaltim, terlebih komitmen kuat Pj Gubernur Akmal Malik dalam pengembangan pertanian dalam arti luas di Kutai Kattanegara.

“Saya kira ini luar biasa, terima kasih Pak Akmal sudah memberikan support dan dukungan kepada kami. Semoga apa yang kita lakukan menguatkan pertanian di Kutai Kartanegara,” tandasnya.

Edi Damansyah punya cita-cita dengan RPJMD Kukar untuk fokus bidang pertanian dan kabupaten ini menjadi lumbung pangan Provinsi Kalimantan Timur.

“Kehadiran Pj Gubernur melihat langsung lahan pertanian di Desa Buana Jaya ini, membuat kami bersama jajaran desa dan kelompok tani fokus meningkatkan produktivitas pertanian,” ujarnya. (admin)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Artikel Terbaru

spot_img

baca juga