Sabtu, 24 Februari, 2024

Artikel Terbaru

Pj Gubernur Kaltim Risau Alih Fungsi Lahan

ktnanasional – KALIMANTAN TIMUR, PPU. Tiga belas kelompok tani (poktan) di Desa Sumber Sari dan enam poktan di Desa Gunung Makmur, Kecamatan Babulu, Penajam Paser Utara (PPU) menerima bantuan alat mesin pertanian (alsintan) pascabanjir yang bersumber dana dari APBD Kaltim.

Ke-13 poktan penerima alsintan di Sumber Sari adalah Poktan Sumber Rejeki, Poktan Sumber Makmur, Poktan Suka Mulyo, Poktan Suka Maju, Poktan Mekar Sari, Poktan Tani Makmur, Poktan Mekar Jaya, Poktan Manunggal Lestari, Poktan Karya Mukti, Poktan Karya Mandiri, Poktan Jadi Makmur, Poktan Bina Bersama, Poktan Berkat Usaha. Sementara enam poktan di Gunung Makmur adalah Poktan Reksa Buana, Poktan Setia Warga, Poktan Tani Mulya, Poktan Sumber Mulyo, Poktan Karya Baru, Poktan Mukti Jaya.

Selain itu, Poktan Tani Karya Mukti, Sebakung Jaya, dan Poktan Sedyo Utomo, Gunung Mulia, Kecamatan Babulu, PPU menerima bantuan secara simbolis berupa alsin combine harvester dari APBD Kaltim, dan Poktan Tunas Jaya, dan Poktan Karya Mukti, Sumber Sari menerima bantuan hand sprayer bersumber dana APBD PPU. Kemudian, Koordinator Balai Penyuluhan Pertanian Kecamatan Babulu Suprianto, Usaha Dagang (UD) Karya Bakti Mulia Kecamatan Babulu Sujianti, UD Tani Baru Kecamatan Babulu Asep Suryana menerima simbolis kartu tani APBD PPU. Tak hanya itu, koordinator pengendali organisme pengganggu tumbuhan (POPT) menerima bantuan alat operasional sepeda motor dari APBD PPU. Terakhir, Muhammad Zamzam Hadi Safaat menerima bantuan berupa pompa air dari APBD PPU.

Bantuan-bantuan ini diserahkan Penjabat (Pj) Gubernur Kaltim Akmal Malik didampingi Pj Bupati PPU Makmur Marbun di Desa Sumber Sari, Kecamatan Babulu, PPU, Kamis (28/12) siang. PJ Gubernur Kaltim Akmal Malik mengatakan, Kecamatan Babulu salah satu wilayah sangat potensial bagi pertanian yang sekaligus disiapkan sebagai lumbung pangan di Kaltim bahkan nasional.

Untuk itu, kata dia, sektor pertanian di PPU ini harus mendapat dukungan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) PPU maupun Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kaltim.  “Kami berharap bantuan-bantuan tersebut bisa membuat semangat bagi petani kita,” kata Akmal Malik.

Dia mengatakan, salah satu kerisauannya saat ini adalah tingginya alih fungsi pertanian ke perkebunan kelapa sawit khususnya di Kecamatan Babulu.  Kendati demikian, kata dia, pemerintah tak mungkin melarang masyarakat menanam kelapa sawit karena itu juga hak masyarakat. “Tetapi jika alasan masyarakat mengonversi lahan karena tak ada ketersediaan air, maka dari itu kebutuhan air lah yang pertama harus dibenahi. Itulah kenapa kita harus terus turun ke lapangan karena kita berharap teman-teman forkopimda, pak bupati, pak dandim, pak kapolres, ayo bersama-sama kita gugah petani kita,” ajak Akmal. “Saya ingat betul bahasa petani di sini kalau ada air kami tidak akan menanam sawit dan kami akan bertani dengan baik. Nah, di situlah pemerintah harus hadir,” tambahnya.

Sementara itu, Pj Bupati PPU Makmur Marbun bersyukur PPU memperoleh perhatian khusus dari Pemprov Kaltim. Salah satunya, kata dia, Pj Gubernur Kaltim Akmal Malik menyerahkan bantuan alsin kepada petani di Kecamatan Babulu itu. “Kami bersyukur sekali telah memperoleh bantuan ini. Terima kasih kami sampaikan kepada Bapak Gubernur Akmal Malik yang telah memberikan perhatian khusus kepada Kabupaten PPU khususnya pada sektor pertanian,” kata Makmur Marbun.

Dia menambahkan, Pj Gubernur Kaltim menyampaikan bahwa tugas Pemkab PPU menciptakan daerah ini menjadi lumbung pangan nasional. Sebab, menurut dia, ada 15 ribu hektare lahan di PPU dapat dikelola. Namun, faktanya saat ini baru sekitar 7 ribu hektare lahan yang dapat digarap. Itu pun kata dia, sebagian telah beralih jadi perkebunan kelapa sawit. “Itulah tugas kami. Kabupaten, provinsi, hingga pusat bersama-sama mencoba mengatasi persoalan ini, mulai jangka pendeknya hingga jangka panjangnya bagaimana,” kata Makmur Marbun. (admin)

artikel ini telah tayang di kaltimpost.jawapos.com

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Artikel Terbaru

spot_img

baca juga