Selasa, 27 Februari, 2024

Artikel Terbaru

Pj Wali Kota Parepare Akbar Ali Hadiri Tudang Sipulung bersama Kelompok Tani Tentukan Waktu Tanam Padi

ktnanasional – SULAWESI SELATAN, PARE-PARE. Penjabat (Pj) Wali Kota Parepare, Akbar Ali menghadiri acara Tudang Sipulung atau Tudang Laong Ruma untuk menentukan waktu tanam padi Musim Tanam 2023-2024 di Rumah Kembar, Watang Bacukiki, Kota Parepare. Selasa, 14/11/2023.

Kegiatan di prakarsai oleh Dinas Pertanian, Kelautan, dan Perikanan dan KTNA ini dihadiri oleh Ketua KTNA Kota Parepare Ibrahim Suanda, beberapa pimpinana SKPD lingkup Pemerintah Kota Parepare, dan para kelompok Tani.

Penjabat Wali Kota Parepare, Akbar Ali dalam sambutannya mengatakan acara Tudang Sipulung atau Tudang Laong Ruma merupakan salah satu tradisi petani yang membudayakan musyawarah dalam memecahkan berbagai permasalahan sektor pertanian salah satunya menentukan waktu tanam padi.

Tudang Sipulung, kata dia, merupakan ajang silaturrahmi antara pemerintah daerah dengan para petani atau kelompok tani. Tradisi ini dilakukan untuk bertukar pikiran dan berunding dalam rangka menemukan solusi suatu permasalahan, salah satu waktu tanam padi.

“Kegiatan Tudang Sipulung menjadi alat memersatukan masyarakat dalam perbedaan pendapat. Proses itu menjalin komunikasi dua arah dan terbuka terhadap pendapat yang beragam hingga mencapai titik kesepakatan mufakat untuk semua orang.

Komunikasi merangkul ini menciptakan kebiasaan hidup saling berdampingan dalam perbedaan pendapat, tanpa adanya pertikaian-pertikaian fisik sebagai ekses negatifnya,” ucap Akbar Ali.

Dengan musyawarah, lanjutnya, akan senantiasa memberikan rasa saling menghargai dan rasa diperlakukan dengan adil dalam komunitas sosial.

“Saya senang dan bangga bahkan bersyukur bersyukur masih ada pribadi-pribadi yang tidak diragukan walaupun dia seorang petani melahirkan komitmen bermusyawarah, bersama-sama menetapkan kapan waktunya untuk memulai bercocok tanam dan menuai hasil. Jadi Pemerintah kota hadir pada kesempatan ini untuk mengawal, menjaga kearifan lokal ini,” tandasnya. (admin)

artikel ini telah tayang di beritasulsel.com

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Artikel Terbaru

spot_img

baca juga