Jumat, 31 Mei, 2024

Artikel Terbaru

Poktan Umbit Aren Panen Padi Sawah 4,8 Ton, Bupati Kutim: Capaian Mereka Meningkat dari Sebelumnya Tiga Ton

ktnanasional – KALIMANTAN TIMUR, SANGATTA. Kelompok Tani (Poktan) Umbut Aren berhasil memanen padi sawah sebanyak 4,8 ton di Kecamatan Sangatta Selatan (Sangsel), Kabupaten Kutai Timur (Kutim), Senin (22/04/2024). Diketahui, capaian sebelumnya hanya 3 ton saja.

Bupati Kutim, H Ardiansyah Sulaiman memberikan apresiasi kepada Poktan di Sangsel tersebut. “Saya ingin mengucapkan selamat kepada kelompok tani Umbut Aren atas kesuksesan panen hari ini. Capaian mereka yang awalnya tiga ton telah meningkat pesat menjadi 4,8 ton,” katanya.

Hadir dalam acara panen padi itu Ketua DPRD H Joni, Ketua TP-PKK Kutim Siti Robiah, Kepala Dinas Tanaman Pangan, Holtikultura, dan Peternakan (DTPHP) Kutim Dyah Ratnaningrum, Dandim 0909/Ktm Letkol Inf Ginanjar Wahyutomo, Camat Sangatta Selatan Abbas, Lukas Tri Wandoyo dari manajemen Pertamina EP Sangatta, Kepala Balai P2 Sangatta Selatan Solehuddin dan lainnya.

Ardiansyah menjelaskan  hasil panen ini akan dijadikan benih padi untuk musim tanam berikutnya. Menurutnya, pentingnya kemandirian petani dalam penyediaan benih, mengingat keterlambatan distribusi benih seringkali menjadi kendala utama.

“Tidak hanya sekadar menunggu hasil panen, kami mendorong agar sawah-sawah ini dimanfaatkan sebagai objek wisata pertanian. Kelompok tani dapat mengelolanya sendiri sebagai agrowisata, seperti yang telah sukses dilakukan di Desa Bumi Rapak, Kecamatan Kaubun,” lanjutnya.

Ardiansyah berharap agar pihak Pertamina yang memiliki operasi di wilayah Sangatta Selatan, dapat memberikan kontribusi positif dalam pengembangan pertanian, terutama dalam memajukan potensi agrowisata di lahan Poktan Umbut Aren.

Dyah Ratnaningrum, menegaskan saatnya Kutim memproduksi benih padi sendiri, tanpa perlu bergantung pada pasokan dari pusat. Dengan penangkaran benih, harus bisa memastikan ketersediaan benih yang berkualitas sesuai dengan tujuan prioritas Bupati Kutim dalam penyediaan bibit untuk pertanian.

Sambung Dyah, pemerintah juga turut serta dalam penyediaan pupuk bagi para petani, yang turut berkontribusi dalam peningkatan hasil panen seperti yang dialami oleh Poktan Umbut Aren.

“Dengan dukungan pupuk yang memadai, hasil panen yang luar biasa seperti ini menjadi bukti bahwa kerja keras dan sinergi antara pemerintah dan petani dapat menghasilkan prestasi gemilang dalam sektor pertanian,” ucapnya.

Diketahui, panen benih padi sawah sebanyak 4,8 ton di lahan Poktan Umbut Aren bukan hanya sebuah pencapaian, tetapi juga merupakan tonggak sejarah dalam mengangkat potensi pertanian. Sebagai bagian integral dari pariwisata lokal, yang semakin mengukuhkan Kutim sebagai salah satu pusat pertanian terdepan di masa datang. (admin)

spot_img
spot_img

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Artikel Terbaru

baca juga