Minggu, 21 April, 2024

Artikel Terbaru

Ponimin Terpilih Menjadi Ketua pada MUSWIL PPPSI Provinsi Riau

ktnanasional.com – RIAU Dumai.  Musyawarah Wilayah Perkumpulan Penyuluh Pertanian Swadaya Indonesia (PPPSI) Provinsi Riau diselenggarakan di Hotel Cititel kota Dumai tanggal 5 – 6 Maret 2023. Menurut Suratman penerima mandat, Muswil ini dihadiri oleh utusan dari 12 kabupaten kota yang ada di provinsi Riau. Kedatangan mereka didampingi oleh dinas yang membidangi penyuluhan di kabupaten/kota. Selain peserta Muswil acara ini juga dihadiri oleh ketua Komisi 2 DPRD Kota Dumai, Ketua dan Sekretaris Jenderal KTNA Nasional serta Ketua Umum PPPSI serta Dinas teknis terkait kota Dumai.

Kadis Pangan Tanaman Pangan dan Hortikutura (PTPH) provinsi Riau Syahfalefi mewakili Gubernur Riau Drs. H. Syamsuar dalam sambutannya  menyampaikan salah satu permasalahan pembangunan pertanian di Provinsi Riau adalah kurangnya Penyuluh  di lapangan. Luas lahan yang ada tidak sebanding dengan jumlah penyuluh yang ada. PPS menjadi garda terdapan pembangunan pertanian, peran aktif PPS diharapkan semakin meningkat untuk berkontribusi kepada pembangunan pertanian kedepan.

Dalam sambutannya Otong Wiranta Ketua Umum PPPSI mengatakan, Penyuluh Pertanian Swadaya (PPS) menjadi satu keharusan, karena semakin hari penyuluh ASN semakin berkurang. Di provinsi Riau dari sekitar 1800 desa/kelurahan, baru ada 1000 lebih Penyuluh. Sehingga masih banyak kekurangan untuk memenuhi idealnya 1 desa 1 penyuluh. Lebih jauh disampaikan ada 3 kelompok Penyuluh menurut UU No 16 Tahun 2006, Penyuluh ASN, Penyuluh Swasta dan Penyuluh Swadaya.

Keberaadaan PPPSI didasari oleh keinginan kita bersama, supaya peran bisa maksimal dalam pembangunan pertanian. Menjadi jembatan program dari pemerintah kepada para petani. Banyak hal yang bisa dikerjakan, terkait dengan kondisi saat ini. Karena PPS juga adalah pelaku utama. Selain aspek sosial dan pelayanan, aspek bisnis seorang Penyuluh Pertanian Swadaya menonjol, karena mereka adalah pelaku lapangan yang berhasil.

“Tapi semua ini perlu kolaborasi dengan semua fihak.  Bagaimana PPS dilapangan akan di bentuk pola keberadaan nya agar bisa dirasakan perannya di daerahnya masing masing”  Jelas Otong Wiranta.

MUSWIL PPPSI Provinsi Riau dibuka secara resmi oleh Walikota Dumai H Paisal, SKM, Mars. Dalam sambutan yang disampaikan oleh H.  Indra Gunawan (Sekdakot) disampaikan pembangunan pertanian dalam hal ini Penyuluh ASN, P3K dan PPS mempunyai kedudukan yang sangat strategis untuk mendorong partisipasi dalam rangka proses pembelajaraan bagi petani. Agar mereka mau dan mampu menolong dan mengorganisasikan dirinya dalam mengakses informasi pasar, teknologi, permodalan dan sumberdaya lainnya sebagai upaya meningkatkan produktivitas dan kesejahteraan petani dan keluarganya.

“Kami sangat berterima kasih atas ditetapkannya kota Dumai sebagai tempat penyelenggaraan Muswil PPPSI provinsi Riau, Ini merupakan penghargaan yang luar biasa bagi kami”, kata Indra Gunawan.

Ponimin, SH. Ketua PPPSI Provinsi Riau masa bhakti 2023 – 2028

Setelah dibuka secara resmi, Muswil dilanjutkan dengan agenda pemilihan ketua PPPSI Provinsi Riau masa bhakti 2023 – 2028. Sebelum tahapan pemilihan dilaksanakan, pada kesempatan awal Ketua KTNA Nasional M. Yadi Sofyan Noor memberikan arahan. Bahwa ditingkat Nasional dari 67.281 penyuluh, sebanyak 29.397 orang adalah Penyuluh Pertanian Swadaya (data BPPSDMP Kementan RI tahun 2020). Artinya saat ini 43,69 % penyuluh yang terdata di Kementerian Pertanian adalah para Penyuluh Pertanian Swadaya.

Diperkiraan persentasi ini akan terus meningkat mengingat minimnya pengangkatan penyuluh ASN yang lebih kecil dari pada penyuluh ASN yang purna tugas. Sofyan menyampaikan agar pada saat Penas XVI di kota Padang nanti supaya PPPSI melaksanakan Munas.

“PPPSI harus segera membentuk LSP untuk menunjukkan eksistensi nya, untuk bisa mensertifikasi para Penyuluh Pertanian Swadaya yang menjadi anggotanya”, Kata Sofyan.

Ponimin, SH. Ketua PPPSI Provinsi Riau masa bhakti 2023 – 2028

Setelah disetujui tata tertib pemilihan dan penjaringan bakal calon, dari semua utusan yang hadir sepakat untuk menunjuk Ponimin, S.H. sebagai ketua PPPSI Provinsi Riau masa bhakti 2023 – 2028. Melengkapi kepengursan ditunjuk Suratman sebagai Sekretaris dan Yulia M. Hanis sebagai Bendahara. Pada hari itu juga langsung dilakukan pelantikan kepengurusan PPPSI Provinsi Riau oleh Otong Wiranta, Ketua Umum PPPSI. (mh)

Pelantikan Pengurus PPPSI Provinsi Riau masa Bhakti 2023-2028. by kck

spot_img

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Artikel Terbaru

Advertisementspot_img

baca juga